Find Us On Social Media :

Dulu ke Jakarta dengan Modal Rp 8 Ribu hingga Tidur di Kantor Berbantalkan Buku Telepon, Ini Kisah Hanif Dhakiri Anak Mantan TKW yang Sukses jadi Menteri di Kabinet Jokowi

By Maria Andriana Oky, Selasa, 22 Oktober 2019 | 17:30 WIB

Potret Muhammad Hanif Dhakiri diapit Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla

GridPop.ID - Kabinet baru Presiden Jokowi tengah menjadi perbincangan hangat saat ini.

 Di tengah hangatnya pemberitaan mengenai susunan kabinet baru Presiden Jokowi, Menteri Ketenagaan Kerjaan RI, Hanif Dhakiri mengenang perjalanan politiknya.

 Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. adalah Menteri Ketenagakerjaan pada Kabinet Kerja periode 2015-2019.

Ia pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PKB mewakili Jawa Tengah.

Hanif Dhakiri mewakili wilayah Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

Baca Juga: Heboh Kabar Sandiaga Uno dan AHY Masuk Kabinet Kerja Jilid II, Begini Tanggapan Jokowi yang Tak Disangka-sangka

Di akhir masa jabatannya, Hanif Dhakiri yang sempat mengikuti porsesi perpisahan kabinet Jokowi-JK pada Jumat (18/10/2019) sempat berfoto dengan kedua pimpinannya tersebut beserta istri.

Ia duduk di tengah di antara keempat tokoh negara tersebut. Pria asal Semarang ini mengunggah foto ini ke akun Instagramnya dua hari yang lalu, Minggu (20/10/2019).

Dalam unggahan itu, ia kembali mengenang perjalanan politiknya dari awal. Ia menceritakan perjalanan politiknya di Indonesia dimulai dari tahun 1997.

Kala itu, ia dipanggil oleh Ketua Umum DPP PKB, Matori Abdul Djalil yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Mengenal Isyana, Wanita Berprestasi yang Diisukan Jadi Kandidat Menteri Pariwisata dalam Susunan Kabinet Jokowi, Jejak Kariernya Luar Biasa!

"Awal 1997 saya berangkat ke Jakarta, dipanggil Pak Matori Abdul Djalil, Ketum @dpp_pkb pertama & Menteri Pertahanan Kabinet Ibu Megawati Soekarnoputri."