Find Us On Social Media :

Sekian Lama Tertidur, Gunung Taal Volcano Tiba-tiba Muntahkan Lahar dan Awan Panas, Warga Filipina Panik Digoncang Gempa Dahsyat: Rasanya Seperti Ada Monster yang Keluar!

By Sintia Nur Hanifah, Senin, 13 Januari 2020 | 15:15 WIB

Gunung Taal

GridPop.ID - Peristiwa alam yang cukup mengerikan kini tengah menerjang warga Filipina.

Pasalnya, baru-baru ini sebuah gunung berapi bernama Taar Volcano iba-tiba meletus dan memuntahkan laharnya.

Letusan tersebut diikuti dengan gempa dahsyat yang sempat membuat warga panik dan khawatir akan datangnya terjangan tsunami vulkanik.

Baca Juga: Prediksi Akan Ada Kecelakaan Udara yang Menewaskan Semua Penumpang, Denny Darko Sebut Hal Mencengangkan di Balik Peristiwa Nahas Tersebut: Ada Sebuah Keajaiban!

Gunung Api Taal atau Taal Vocano di Filipina mengalami fase erupsi pada Minggu (12/1/2020).

Pada hari Senin (13/1/2020) pagi, Gunung Taal mulai mengeluarkan lava.

Lava lemah itu mulai mengalir keluar dari gunung api Taal - yang terletak sekitar 70 km (45 mil) selatan ibukota Manila.

Baca Juga: 11 Bulan Mendekam di Balik Jeruji Besi, Ahmad Terang-terangan Akui Hal yang Paling Dirindukan dari Rumah Sampai Mulan Dibuat Tersipu Malu

Itu terjadi setelah Taal Volcano mengeluarkan segumpal besar abu yang memicu evakuasi sekitar 8.000 orang dari daerah tersebut.

Direktur Institut Vulkanologi Filipina dan Seismologi (PHIVOLCS), sebagaimana dilansir BBC mengatakan bahwa tanda-tanda letusan berbahaya, termasuk aliran abu, batu, gas dengan kecepatan lebih dari 60 kilometer per jam secara horizontal hingga saat ini belum terjadi.

PHIVOLCS sekarang telah meningkatkan level peringatan dari 3 ke 4, dari maksimum 5.