Find Us On Social Media :

Diberi Tanggung Jawab Menggali Pusara Keluarga Jokowi, Sosok Ini Akui Tak Pernah Mau Terima Satu Hal Ini Dalam Menjalankan Tugasnya dan Tolak dengan Keras Jika Dipaksa: Saya Pasti Protes!

By Septiana Risti Hapsari, Sabtu, 28 Maret 2020 | 12:15 WIB

Suripto yang bertugas menggali makam untuk ibunda Jokowi Sudjiatmi Notomihardjo

GridPop.ID - Seperti yang kita ketahui, keluarga orang nomor 1 di Indonesia, Bapak Joko Widodo (Jokowi) baru saja dilingkupi rasa duka.

Ibunda dari Presiden Jokowi telah berpulang pada Rabu (25/03/2020) lalu di RS DKT Surakarta.

Eyang Sudjiatmi Notomiharjo menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 16.45 WIB karena penyakit kanker yang diderita selama 4 tahun.

Presiden Jokowi melepas kepergian sang ibunda di peristirahatan terakhirnya di Dukuh Mundu, Kelurahan Selokaton Gondangrejo, Karanganyar, Kamis (26/3/2020) siang kemarin.

Baca Juga: 7 Tahun Jadi Penggali Liang Lahat Kepercayaan Keluarga Jokowi, Suripto Beri Kesaksian Soal Proses Persiapan Peristirahatan Terakhir Ibunda Sang Presiden yang Tak Sita Banyak Waktu: Tanahnya Mudah Digali

Melansir Kompas.com, sebelum upacara pemakaman, Presiden Jokowi dan keluarga melakukan tradisi brobosan terlebih dahulu.

Tradisi brobosan merupakan bentuk penghormatan keluarga kepada almarhumah sebelum dikebumikan.

Usai jenazah dishalatkan dan peti jenazah diangkat menuju makam, para anggota keluarga memutarinya dengan melewati bagian bawah peti jenazah.

Pada saat proses pemakaman, Jokowi ikut turun ke liang lahat ketika prosesi pemakaman berlangsung.

Baca Juga: Dikenal Sosok yang Ramah dan Mudah Bergaul, Pesohor Negeri Kenang Almarhumah Ibunda Jokowi Hingga Ajak Salat Gaib untuk Lantukan Doa Terbaik dari Rumah Masing-masing