Find Us On Social Media :

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur untuk Jalani Puasa dengan Lancar dan Sesuai Kebutuhan Asupan Kesehatan

By Septiana Risti Hapsari, Sabtu, 2 Mei 2020 | 04:15 WIB

Ilustrasi. Menu buka puasa yang sehat harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai di momen puasa ini, berat badan malah jadi meningkat.

GridPop.ID - Sahur adalah kunci utama dari puasa.

Ketika kita mengkonsumsi makanan yang bergizi ketika sahur, maka puasa kita seharian juga akan sukses.

Seperti kita ketahui puasa tak hanya untuk ibadah semata, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari NHS, saat seseorang berpuasa otomatis organ pencernaan mereka pun ikut beristirahat yang tentunya membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Jadi Bucin Atta Halilintar, Aurel Hermansyah Sampai Mohon pada Ashanty Izinkan sang Youtuber Buka Puasa dan Tarawih Bersama di Tengah Lockdown di Cinere Hanya untuk Lepas Rindu

Saat sistem pencernaan beristirahat itulah, energi tubuh menjadi lebih terarah untuk proses perbaikan sel-sel dan sistem jaringan yang rusak alias detoksifikasi.

Untuk itu, agar puasa yang dijalani berjalan lancar dan menyehatkan ada baiknya kita mengikuti tips sahur berikut ini.

Dikutip dari The Star, wakil dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universiti Teknologi MARA, Malaysia, Dr Norazmir Md Nor, ada lima tips asupan makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur.

"Jika kita menyukai sesuatu, kita tidak harus memakannya ketika bulan ramadhan," katanya.

Baca Juga: Memilukan, Curahan Hati Jurnalis TV Setelah Putranya Wafat karena Terindikasi Covid-19 dan Stroke Dini, Sempat Rayakan Ultah Terakhir dan Jadi Imam Sholat Saat Sakit: Insya Allah Syahid Saya Ikhlas