Find Us On Social Media :

Padahal Ada Tiang Besi, Tapi Bendera Merah Putih Proklamasi Malah Dikerek di Tiang Bambu, Ternyata Ini Alasan Mengejutkan Dibaliknya

By None, Senin, 17 Agustus 2020 | 16:20 WIB

Suasana pengibaran bendera Merah Putih

GridPop.ID - Tepat hari ini 75 tahun lalu, bangsa Indonesia untuk pertama kalinya secara resmi menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Momen sakral proklamasi kemerdekaan Indonesia itu pun menjadi momen bersejarah yang selalu dikenang oleh bangsa Indonesia.

Tapi tahukah kamu bahwa pengibaran bendera proklamasi pertama itu hanya menggunakan tiang bambu padahal ada tiang besi lho. Kenapa ya?

Baca Juga: Bak Tersambar Geledek, Mendadak Ashanty Ancam Ogah Beri Restu Sang Putri Nikah dengan Atta Halilintar hingga Buat Aurel Hermansyah Ketakutan

Salah satu pelaku sejarah pengibaran bendera merah putih adalah Suhud, disamping Latif Hendraningrat.

Bernama lengkap Suhud Sastro Kusumo, fotonya tampak jelas bercelana pendek saat peristiwa itu.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara RI Prof. Dr. H. Dadan Wildan, M.Hum menulis peristiwa tersebut dalam tulisan berjudul “Membuka Catatan Sejarah: Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 1945”

Baca Juga: Cuma Bisa Mati Kutu, Sifat Asli Rizky Billar Dibongkar, Dinda Hauw Sampai Berikan Wanti-wanti Ini Pada Lesty Kejora!

“Acara, dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih. Soekarno dan Hatta maju beberapa langkah menuruni anak tangga terakhir dari serambi muka, lebih kurang dua meter di depan tiang.