Find Us On Social Media :

Udah Lulus Tapi Masih Nganggur Aja? Simak Yuk Peluang Sukses Jadi Enterpreneur di Era Seperti Sekarang Ini

By None, Minggu, 13 September 2020 | 08:34 WIB

Acara webinar HAI dan CewekBanget.id bertajuk Reconnect Youth Talks: Skill Development for Employment and Enterpreneurship.

GridPop.ID - Masalah pengangguran dan peluang kerja di Indonesia sudah sejak lama menjadi persoalan, bahkan sebelum dunia dilanda pandemi COVID-19.

Bahkan, angka pengangguran Indonesia tergolong tinggi di tingkat global, melebihi negara-negara seperti Myanmar dan Thailand.

Kondisi pandemi pun menambah tantangan untuk mencegah peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia dengan berbagai cara, salah satunya dengan berwirausaha (enterpreneurship).

Baca Juga: Tinggal di Apartemen Mewah Setelah Nikah dengan Reino Barack, Petugas Keamanan Syahrini Beberkan Sifat Asli Incess yang Buat Dia Betah Jadi Anak Buah

Faktor Tingginya Angka Pengangguran

Tendy Gunawan selaku Staf Program ILO untuk Ketenagakerjaan Muda menjelaskan sejumlah faktor penyebab tingginya angka pengangguran di Indonesia, berdasarkan data yang dihimpun oleh ILO.

"Di kita ini banyak yang menganggur dan enggak ngapa-ngapain," kata Tendy dalam acara 'Reconnect Youth Talks: Skill Development for Employment and Enterpreneurship', Sabtu (12/9/2020)

Faktanya, dari jumlah total pengangguran di Indonesia, 10 juta di antaranya justru merupakan lulusan SMA / SMK yang seharusnya sudah bisa memenuhi kualifikasi untuk mengisi lowongan kerja.

Masalahnya, menurut Tendy, yang kita pelajari pada jenjang tersebut justru kerap berbeda dengan permintaan atau kebutuhan perusahaan.

Sedangkan di sisi lain, bidang yang membutuhkan tenaga kerja justru kurang diminati para calon pekerja.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Sebut Sosok Ini Jadi Mantan Terindahnya, Chef Arnold Justru Bongkar Skandalnya dengan Sang Biduan: Ini Cerita Lama