Find Us On Social Media :

3 Tahun Silam Longsorannya Sebabkan Tsunami Setinggi 193 meter, Es Alaska yang Mulai Mencair Berpotensi Hasilkan Megatsunami, Begini Kata Iluwan!

By None, Selasa, 20 Oktober 2020 | 14:30 WIB

Barry Arm, Harriman Fjord, Alaska.

GridPop.ID - Kondisi Bumi saat cukup memprihatinkan.

Perubahan iklim yang cukup ekstrim dan pemanasan global yang terjadi memiliki pengaruh besar terhadi mencairnya lapisan-lapisan es di kutub Bumi.

Salah satunya Alaska, yang mana kondisi lapisan-lapisan es di sana perlahan mulai mencair.

Sekelompok ilmuwan telah memperingatkan tentang prospek bencana yang akan datang di Prince William Sound dalam surat terbuka pada Mei lalu yang ditujukan kepada Alaska Department of Natural Resources (ADNR).

Dikutip dari Science Alert, Senin (19/10/2020), tsunami dahsyat di Alaska, menurut ilmuwan, dipicu oleh longsoran batu yang tidak stabil setelah pencairan gletser yang kemungkinan besar akan terjadi dalam dua dekade mendatang.

Baca Juga: Statusnya Jadi Permaisuri Pebisnis Ulung, Inilah Penampakan Jet Pribadi Maia Estianty, Burung Besi Mewah yang Kerap Dipakai Istri Irwan Mussry untuk Plesiran ke Luar Kota

Bahkan, mereka khawatir hal itu dapat saja terjadi dalam 12 bulan ke depan.

Meskipun potensi risiko tanah longsor semacam itu sangat serius, masih banyak yang tidak diketahui tentang bagaimana atau kapan bencana ini bisa terjadi.

Namun, yang jelas, para ilmuwan menyebut pencairan gletser (glacier retreat) di Prince William Sound, di sepanjang pantai selatan Alaska, tampaknya berdampak pada lereng gunung di atas Barry Arm, sekitar 97 km di timur Anchorage.

Berdasarkan analisis citra satelit menunjukkan saat Barry Clacier longsor dari Barry Arm karena terus mencair, bekas longsoran batu yang disebut scarp akan muncul di permukaan gunung di atasnya.

Kondisi ini menunjukkan bahwa tanah longsor telah terjadi di atas fjord secara bertahap dan bergerak lambat, tetapi jika permukaan batu tiba-tiba memberi jalan, konsekuensinya bisa mengerikan.

Meski lokasinya terpencil, kawasan ini cukup sering dikunjungi oleh kapal komersial untuk rekreasi, termasuk kapal pesiar.