Find Us On Social Media :

Dulu Mencak-mencak Sebut Indonesia Penjajah Kejam, Kini Mantan Pemimpin Timor Leste Ini Jilat Ludahnya Sendiri, Junjung Setinggi Langit Bumi Pertiwi di Depan Media Arab Gegara Hal Ini

By Arif B,None, Selasa, 27 Oktober 2020 | 13:20 WIB

Timor Leste

GridPop.ID - Lepasnya Timor Leste dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memang menimbulkan intrik tersendiri.

Di masa lalu, secara gamblang Timor Leste menyatakan ingin melepaskan diri karena menganggap Indonesia sebagai penjajah yang kejam.

Hingga pada akhirnya, secara resmi Timor Leste keluar dari Indonesia pada 20 Mei 2002 atau pasca-refrendum.

Baca Juga: Jadi Solusi Usir Bosan di Tengah Pandemi Covid-19, Begini Cara Nonton di Bioskop Online Legal dan Murah, Cukup Bayar Mulai Rp 5 Ribu Bisa Saksikan Banyak Film Pilihan!

Pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pada 30 Agustus 1999, hampir 80 persen rakyat Timor Timur memilih berpisah dari Indonesia.

Referendum yang didukung PBB itu mengakhiri konflik berdarah sekaligus mengakhiri kependudukan mereka sebagai Warga Negara Indonesia.

Memberikan jalan bagi rakyat Timor Leste untuk meraih kemerdekaan.

Baca Juga: Tak Pernah Terendus Hidung Wartawan, Tantri KotaK Akhirnya Buka-bukaan Sebab Musabab Gonjang-ganjing Rumah Tangganya dengan Arda NAFF di Masa Lalu: Celana Dalam Siapa Ini?

Namun, setelah puluhan tahun menganggap Indonesia sebagai penjajah kejam dan pembantai, ada satu dan lain hal yang membuat Timor Leste memuji Indonesia.