Find Us On Social Media :

Jangan Tertipu Kelucuan Hewan Berbulu Ini, Kucing Justru Dianggap Lebih Berbahaya dan Rentan Terhadap Penularan Covid-19, Waspadalah!

By None, Sabtu, 21 November 2020 | 11:45 WIB

Kucing

GridPop.ID - Tak hanya mampu ditularkan lewat manusia, hewan pun juga mampu menjadi perantara penyebaran virus Covid-19.

Salah satu hewan yang digadang-gadang menjadi penular Covid-19 adalah kelelawar.

Seiring perkembangan virus ini, beberapa hewan juga menjadi media penularan virus SARS-CoV-2.

Kolaborasi studi yang dilakukan para peneliti di Kansas State University ungkap temuan penting terkait penularan virus SARS-CoV-2 pada kucing domestik dan babi.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Dipastikan Bakal Tiba Akhir November Mendatang, Presiden Jokowi Sebut Siap Jadi Orang Pertama yang Disuntik

Dua penelitian baru-baru ini menghasilkan dua temuan penting tentang pandemi Covid-19 yang kini telah menginfeksi lebih dari 52 juta orang di seluruh dunia.

Kedua temuan tersebut disimpulkan bahwa kucing domestik atau kucing lokal dapat menjadi pembawa SARS-CoV-2 tanpa gejala, dan babi tidak mungkin menjadi pembawa virus yang signifikan, dikutip dari Science Daily, Kamis (19/11/2020).

"Penelitian lain menunjukkan bahwa pasien manusia yang terinfeksi Covid-19 dapat menularkan virus SARS-CoV-2 ke kucing, termasuk kucing lokal, bahkan spesies kucing besar seperti singa dan harimau," kata Jurgen A. Richt, profesor dari Regents di Kansas State University di College of Veterinary Medicine.

Baca Juga: Sejuta Dosis Vaksin Covid-19 Siap Didistribusikan Awal Tahun 2021, Menkes Terawan Sebut Alurnya Akan Sama Seperti Imunisasi: Sesuai Petunjuk WHO