Find Us On Social Media :

Ciri Terpapar Covid-19 Salah Satunya Kehilangan Indra Penciuman, Ini Perbedaan Pasien Terpapar Virus Corona dengan Penderita Flu Biasa

By None, Rabu, 2 Desember 2020 | 17:15 WIB

Ilustrasi pasien virus corona

GridPop.ID - Virus Covid-19 semakin berjalanya waktu makin berkembang.Berbagai ciri baru ditemukan pada pasien yang terpapar Covid-19. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa anosmia atau kehilangan indra penciuman menjadi gejala paling umum yang dialami oleh pasien virus corona. Temuan yang dihimpun oleh peneliti di Office for National Statistics (ONS) juga mengindikasikan bahwa anosmia tak hanya terjadi pada pasien bergejala, tetapi juga dialami oleh kelompok asimptomatik.

Baca Juga: Dipercaya Datangnya dari Wuhan China, Justru Inilah 3 Negara yang Diduga Jadi Tempat Asal Virus Corona

"Jumlah orang yang dites positif Covid-19 dengan gejala kehilangan rasa atau bau (anosmia) meningkat paling banyak di semua kelompok umur," tulis tim peneliti dalam ringkasan laporannya. Kehilangan atau berkurangnya fungsi penciuman juga biasa dirasakan saat menderita flu atau pilek. Bagaimana membedakan kehilangan indra penciuman akibat virus corona dan pilek? Dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) Rumah Sakit RS Columbia Asia (RSCA) Prof Dr dr Delfitri Munir, Sp.T.H.T.K.L(K) menjelaskan perbedaan keduanya.

Baca Juga: Kabar Baik Setelah Setahun Lebih Negara-negara di Dunia Dilanda Pandemi, Ahli Sebut Kelemahan Virus Covis-19 Ada di 3 Hal Ini, Salah Satunya Suhu Panas!