Find Us On Social Media :

Merapi Kembali Gugurkan Awan Panas, Ternyata Mbak You Pernah Beri Peringatan Keras Pada Warga Sekitar Lereng: Semua Kuasa Tuhan

By Ekawati Tyas, Jumat, 8 Januari 2021 | 08:00 WIB

Ramal Kejadian yang akan Terjadi di 2021, Mbak You Sebut Soal Kematian Seorang Pelawak hingga Skandal Artis dengan Seorang Pejabat: Semua akan Terbongkar!

GridPop.ID - Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api yang paling aktif di Indonesia.

Gunung ini terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kamis (7/1/2020) kembali terjadi guguran awan panas Gunung Merapi.

Baca Juga: Apes Hubungan Terlarang 19 Detiknya Tersebar Luas, Terawangan Mbak You Soal Gisella Anastasia Ini Seolah Jadi Nyata, Ternyata Sudah Diwanti-wanti Sejak Juli Lalu

Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan adanya kejadian guguran awan panas Gunung Merapi pada Kamis (7/1) pukul 08.02 WIB. Awan panas tersebut tercatat di seismograf dengan amplitudo maksimal 28 milimeter dan durasi 154 detik.

Berdasarkan keterangan dari Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, awan panas tersebut meluncur dan mengarah ke hulu Kali Krasak. Cuaca dilaporkan berawan di sekitar Gunung Merapi saat terjadi guguran awan panas.

"Arahnya ke Kali Krasak dengan tinggi kolom abu 200 meter," jelas Hanik melalui rekaman suara.

Menurut Hanik, jarak guguran dari awan panas tersebut tidak teramati secara visual dikarenakan tertutup kabut, akan tetapi apabila melihat dari rekaman amplitudo dan data rekaman seismiknya diperkirakan tidak lebih dari 1 kilometer.

"Jaraknya ini tidak teramati (secara visual) karena tertutup kabut. Kelihatan di pucuknya saja. Kalau melihat durasinya ini jaraknya pendek," kata Hanik.

Baca Juga: Beberkan Terawangan Soal Tahun 2021, Mbak You Sebut Banyak Skandal yang Akan Terjadi, Bukan Hanya Seleb tapi Pejabat juga Bakal Kesandung Kasus: Satu yang Bikin Heboh