Find Us On Social Media :

Sedang Naik Daun, Nyatanya Strap Masker Malah Tak Disarankan Penggunaanya Lantaran Dapat Jadi Sumber Infeksi Virus, Ternyata Ini Alasannya!

By Ekawati Tyas, Sabtu, 27 Februari 2021 | 07:20 WIB

strap mask

GridPop.ID - Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 menyarankan agar masyarakat sebaiknya menyimpan masker ke dalam kantong jika hendak makan atau minum.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut ia sarankan lantaran maraknya penggunaan strap mask atau kalung tali masker oleh kebanyakan anak muda.

"Paling ideal dan terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan kantong baik kertas maupun kantong berbahan lain yang aman untuk penyimpanan masker saat makan dan atau minum dan ditutup dengan rapat," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayanhkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga: Sentil Pedas KPI, Deddy Corbuzier Singgung Ketimpangan Aturan Protkes dengan Sinetron yang Bebas Tanpa Masker: Mungkin Beda Universe

Dilansir dari Kompas.com, Wiku melanjutkan jika higienitas dari masker dapat berkurang jika menggunakan strap mask.

Pasalnya usai masker dipakai, bagian dalamnya telah terkontaminasi droplet saat penggunanya bicara, batuk, atau bahkan udara hasil hela napas yang kotor.

Tak hanya itu saja, bahkan strap mask juga dapat menjadi sumber infeksi bagi pengguna ataupun orang-orang disekitarnya.

Sebab, strap mask bisa saja terkena droplet atau aerosol yang mengandung virus dan bisa juga menyebar ke lingkungan tersebut.

Baca Juga: Sentil Kebijakan KPI yang Blunder, Dokter Tirta Sebut Artis yang Tampil di TV Cukup Pakai Masker Saja Karena Face Shield untuk Masak: Tambah ke Sini Jadi Misleading Banget!