Find Us On Social Media :

Vaksin Nusantara Buatannya Terganjal Izin BPOM, Begini Tanggapan Mantan Menkes Terawan: Terima Kasih!

By Arif B, Jumat, 12 Maret 2021 | 14:20 WIB

Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto

GridPop.ID - Mantan Menkes Terawan Agus Putranto memberikan tanggapannya usai Vaksin Nusantara terganjal izin BPOM.

Padahal seperti yang dikutip dari GridHot.ID Terawan sudah memastikan Vaksin Nusantara yang kini tengah dikembangkan pihaknya beserta RSUP dr Kariadi Semarang Universitas Diponegoro aman digunakan.

Pasalnya Vaksin Nusantara dikatakan Terawan bersifat individual karena menggunakan sel dendritik.

Baca Juga: 10 Tahun Tumbuh Tanpa Dampingan Angelina Sondakh hingga Harus Banting Tulang Bantu Cari Nafkah, Keanu Massaid Ungkap Keinginan Terbesarnya Usai sang Ibu Bebas

"Vaksin Covid-19 berbasis dendritik sel, yang tentunya karena sifatnya autologus, sifatnya individual, tentunya adalah sangat sangat aman," kata Dokter Terawan dalam rapat kerja Komisi IX DPR, Rabu (10/3/2021).

Meski begitu Mantan Menkes ini tidak marah ketika Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum memberikan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinis (PPUK) untuk uji klinis tahap dua dan tiga.

Ya, uji klinis tahap pertama Vaksin Nusantara yang sudah dilakukan dianggap BPOM tidak sesuai dengan kaidah medis hingga sampai saat ini.

Baca Juga: Sukses Naikkan Derajat Keluarga dari Anak Kuli Jadi Artis Papan Atas, Pohon Duit Pedangdut Muda Ini Akhirnya Terbongkar

Tanpa PPUK dari BPOM, otomatis pengembangan Vaksin Nusantara bakal mentok.