Find Us On Social Media :

Sabet Nominasi Rumah Paling Ramah Lingkungan se-Asia, Kediaman Ridwan Kamil Ternyata Terbuat Dari Limbah Sampah yang Sering Diabaikan Banyak Orang Ini

By Septiana Hapsari, Rabu, 28 April 2021 | 16:04 WIB

Ridwan Kamil

GridPop.ID -Sosok Ridwan Kamil selain sukses menjabat sebagai seorang Gubernur Jawa Barat, juga piwai dalam hal arsitektur.

Bukan tanpa alasan, pasalnya Ridwan Kamil sebelum terjun ke dunia politik berprofesi sebagai arsitek yang kerap mendapatkan penghargaan.

Ilmu yang didapatkan Ridwan Kamil selama mengemban ilmu strata 1 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan strata 2 di Universitas California, Berkeley, sukses membawanya ke berbagai negara antara lain Amerika Serikat, Hongkong, dan Singapura.

Berbekal keilmuannya, Ridwan Kamil membangun Kota Bandung menuju kota cerdas dengan berbagai inovasi dan kreativitas.

Baca Juga: Terpisah Dinding Kaca dengan Istrinya yang Tengah Jalani Isoman, Ridwan Kamil Tunjukkan Aksi Romantis dengan Tulis Kalimat Manis Gunakan Lipsik Mahal Milik Atalia Praratya: Ini Skill Wajib

Ia juga menggagas beberapa taman kota tematik, dan menginisiasi komunitas berbasis lingkungan seperti Forum Kota Kreatif Bandung , dan Gerakan Indonesia Berkebun.

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga menerapkan ilmunya sebagai seorang arsitektur untuk membangun rumahnya.

Melansir dari kanal Youtube Alvin & Friends yang diunggah pada 18 Desember 2018 lalu, Kang Emil menjelaskan bahwa tempat tinggalnya itu, 60 persen menggunakan bahan baku dari botol bekas.

Dikutip dari kanal youtube Alvin & Friends pada Kamis (22/8/2019), Kang Emil menjelaskan, "Saya punya cita-cita dari sampah jadi berkah," terangnya.