Find Us On Social Media :

Komnas Perempuan Tanggapi Kasus Dugaan Pelecehan Seksual yang Diduga Telah Dilakukan Gofar Hilman, Singgung Perihal Kemungkinan Serangan Balik

By Ekawati Tyas, Jumat, 11 Juni 2021 | 10:02 WIB

Gofar Hilman

GridPop.ID - Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) ikut menanggapi kasus dugaan pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh Gofar Hilman.

Dilansir dari Tribun Seleb, Bahrul Fuad selaku Komisioner Komnas Perempuan mengapresiasi sikap korban yang berani mengambil langkah untuk mengungkap pengalaman pelecehan seksual.

Hal tersebut tidaklah mudah dan membutuhkan keberanian lantaran korban mesti bersiap menghadapi serangan balik yang bisa saja malah berbalik menyalahkan.

Baca Juga: Imbas dari Tudingan Melakukan Pelecehan Seksual, Gofar Hilman Telan Pil Pahit Kini Tak Lagi Jadi Bagian Lawless Jakarta: Kami Berdiri Bersama Korban!

"Serangan balik yang paling sering adalah justru menyalahkan korban, penyangkalan bahkan menuntut balik korban," kata Bahrul Fuad melalui keterangan tertulisnya pada Tribunnews, Kamis (10/6/2021).

Adanya sikap beberapa pihak yang menyetujui dan menyemangati tindakan terduga pelaku dan seolah-olah makin melecehkan korban menurutnya adalah suatu hal yang memprihatinkan.

Selain itu menurut Fuad, posisi perempuan juga sangat rentan dengan adanya tindakan pelecehan seksual.

"Pada perempuan, kerentanan pada pelecehan seksual dan untuk disalahkan atas tindak tersebut berakar pada diskriminasi berbasis gender.