Find Us On Social Media :

Mitos atau Fakta Osteoporosis, Penyakit yang Sering Disebut Silent Disease, Benarkah ini Penyebabnya?

By Popi, Kamis, 15 Juli 2021 | 19:00 WIB

Ilustrasi osteoporosis

GridPop.ID - Osteoporosis sering disebut sebagai penyakit sunyi atau silent disease karena penderita tidak mengalami gejala apapun sampai suatu saat terjatuh atau kecelakaan.

Berikut mitos dan fakta tentang Osteoporosis

Hanya wanita menopause yang dapat mengalami osteoporosis.Fakta: Karena turunnya produksi estrogen saat menopause, semua wanita berisiko terkena osteoporosis. Tetapi osteoporosis akan mempengaruhi beberapa wanita pra-menopause serta satu dari lima pria.

Patah tulang adalah satu-satunya konsekuensi dari osteoporosis.Fakta: Patah tulang merupakan konsekuensi penting dari osteoporosis. Tetapi beberapa konsekuensi dari patah tulang pinggul ini bahkan lebih serius, terutama patah tulang pinggul di mana hasilnya dapat mencakup aritmia dan serangan jantung, infeksi dan pneumonia, dan komplikasi anestesi. Pada tahun setelah mengalami patah tulang pinggul, risiko kematian meningkat sebesar 33% pada pria dan 20% pada wanita, dengan risiko ini terus bertahan selama 10 tahun, menurut analisis registri berbasis rumah sakit yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolisme.

Osteoporosis tidak terlalu umum.Fakta: Menurut Osteoporosis Canada, sepertiga dari semua wanita dan seperlima dari semua pria akan mengalami patah pinggul, tulang belakang, pergelangan tangan, atau bahu karena osteoporosis selama hidup mereka.

Baca Juga: Kecil-kecil Punya Manfaat Segudang, Rutin Konsumsi Bawang Putih Setiap Pagi Sebelum Sarapan Ternyata Bisa Cegah Penyakit Mematikan Ini, Coba Buktikan Sendiri!

Osteoporosis akan terlihat pada x-ray biasa.Fakta: Hanya osteoporosis lanjut yang akan terlihat pada rontgen biasa. Osteopenia dan osteoporosis dapat didiagnosis hanya dengan mengukur kepadatan mineral tulang (BMD) dan dual x-ray penyerapan (Dexa) pemeriksaan tulang belakang dan pinggul adalah tes yang paling umum.

Osteoporosis akan terlihat pada tes darah rutin saya.Fakta: Osteoporosis, bahkan parah, tidak akan terlihat pada tes darah. Kadar kalsium tetap normal dan bahkan tes darah esoterik seperti C-telopeptida atau P1NP tidak bersifat diagnostik.