Find Us On Social Media :

Dikenal Salah Satu Ikan Hias yang Populer Sebagai Hewan Peliharaan, Tak Disangka Ternyata Ikan Mas Bisa Datangkan Malapetaka untuk Lingkungan

By Lina Sofia, Jumat, 16 Juli 2021 | 12:01 WIB

Ilustrasi ikan mas

GridPop.ID - Sebuah kota di negara bagian AS, Minnesota, meminta warganya agar tidak sembarangan membuang ikan piaraan.

"Tolong jangan lepaskan ikan mas peliharaan Anda ke telaga dan danau!" tulis akun pemerintah Kota Burnsville di Twitter pada hari Jumat lalu.

Hal itu karena, di sebuah danau di Amerika Serikat ditemukan ikan mas berukuran raksasa.

Hewan yang umum dipiara di rumah-rumah itu dapat tumbuh jauh lebih besar di alam dan menyebabkan gangguan besar pada ekosistem.

Melansir dari National Geographic Indonesia Ikan mas yang dilepaskan ke danau dapat tumbuh beberapa kali dari ukuran biasanya dan menjadi raksasa.

Baca Juga: Harganya Ditaksir Bisa Capai Jutaan per Kilo, Temuan Ikan Berukuran Raksasa Usai Terjangan Banjir Bandang Gegerkan Warga Puncak Bogor: Bukan Hoaks!

Pertumbuhan ikan mas secara tidak biasa ini mendatangkan malapetaka pada spesies asli, menurut pejabat di Burnsville, sekitar 24 kilometer selatan Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat.

"Mereka tumbuh lebih besar dari yang Anda perkirakan dan mengotori sedimen dasar dan mencabut vegetasi, berkontribusi pada kualitas air yang buruk," cuit mereka.