Find Us On Social Media :

Siapa Sangka, Ternyata Bayi Sudah Bisa Diajak Membaca saat Masih Dalam Kandungan, Begini Kata Ahli Psikologi

By Lina Sofia, Jumat, 23 Juli 2021 | 13:02 WIB

Ilustrasi ibu dan anak.

GridPop.ID - Siapa sangka ternyata anak sudah bisa diajak membaca saat ia masih berada di dalam kandungan.

Membaca tak hanya bisa dilakukan bila anak sudah melek huruf, tapi saat masih di dalam perut sang ibu pun anak bisa ikut membaca.

Melansir Lifestyle Kompas, menurut psikolog anak dan keluarga Vera Itabiliana Hadiwidjojo, bayi dalam kandungan tentu belum bisa membaca, tetapi dia bisa ikut “membaca” bersama ibunya.

Baca Juga: Niat Hati Cari Vitamin, Pria Ini Malah Lumpuh Akibat Makan Pisang dan Jeruk, Ternyata Kandungan dalam Buah Ini Penyebabnya

“Caranya, ibu bisa membiasakan membacakan buku pada anak selama dia masih di kandungan,” kata Vera dalam webinar "Lewat Membaca Tenangkan Ibu dan Anak saat Pandemi" yang diselenggarakan oleh Mom’s Choice pada Kamis (22/7/2021).

Menurut Vera, membacakan buku pada anak selama dia masih di dalam kandungan juga akan mempermudah ibu untuk membaca bersama anak saat dia telah lahir.

Sebab, ibu tinggal melakukan hal yang sama dengan biasanya. Vera sendiri bercerita bahwa dirinya telah mendidik anaknya membaca sejak berusia tujuh bulan.

“Kalau saya sudah biasakan sejak tujuh bulan. Caranya, saya bawa nih jalan-jalan ke toko buku. Lalu, ambil beberapa buku, minta anak biar pilih salah satunya,” kata Vera.

Baca Juga: Tolong Jauhi Segera, Nikmatnya Tak Sebanding dengan Bahayanya, Konsumsi Jagung Manis Ternyata Bisa Sebabkan Kematian Dini, Ahli Ungkap Alasannya