Find Us On Social Media :

Hasil Riset Terbaru Antibodi Vaksin Covid-19 Sinovac Menurun Setelah 6 Bulan, Begini Tanggapan Para Ahli yang Tak Terduga

By Lina Sofia, Jumat, 30 Juli 2021 | 14:02 WIB

Vaksin Sinovac mengalami penurunan antibodi ternyata ini fakta yang perlu diketahui.

GridPop.ID - Ketua Tim Uji Klinis Nasional Vaksin Covid-19 Kusnandi Rusmil membenarkan bahwa antibodi dalam tubuh yang dihasilkan vaksin Covid-19 Sinovac menurun.

Hal itu dibenarkan setelah 6 bulan menerima vaksin dosis kedua antibodi dalam tubuh menurun.

"Benar," ujar Kusnandi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/7/202).

Meski begitu, menurut Kusnandi, setiap orang yang sudah melakukan vaksin Covid-19 Sinovac dua dosis sudah memiliki antibodi yang tinggi untuk melawan virus corona.

Baca Juga: Awalnya Punya Efikasi Tinggi untuk Lawan Varian Delta, Kini Vaksin Ini Justru Punya Efektivitas Lebih Rendah Dibanding Sinovac

"Tapi setiap orang yang sudah divaksin akan membentuk antibodi yang tinggi bila kontak dengan virus Covid," katanya.

Melansir Kompas.com, selain itu, menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi efikasi vaksin Covid-19 Sinovac juga masih cukup untuk penanganan virus corona.

"Iya menurun bisa saja seperti vaksin Influenza. Tetapi ini masih cukup efikasinya untuk penanganan virus Covid-19," kata Nadia.

Baca Juga: Banyak Nakes Gugur Meski Sudah Vaksin, Ikatan Dokter Indonesia Kini Ungkap Efikasi Vaksin, Benarkah Sinovac Tak Manjur?