Find Us On Social Media :

Geger Presiden AS Joe Biden Prediksi Jakarta Akan Tenggelam 10 Tahun Mendatang, Sosok Ini Tak Tinggal Diam hingga Beri Reaksi Tak Terduga

By Lina Sofia, Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:03 WIB

Geger prediksi tenggelamnya DKI Jakarta

GridPop.ID - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden membuat geger atas prediksi tenggelamnya DKI Jakarta dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Pernyataan ini dia sampaikan ketika menyinggung bahaya pemanasan global saat berpidato di Kantor Direktur Intelijen Nasional, Selasa (27/7/2021) waktu setempat.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika perkiraannya benar bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena akan tenggelam?” terang Biden.

Dilansir dari Kompas.com, dalam pidatonya ini, Biden juga mengingatkan bahwa perubahan iklim dan pemanasan global bisa saja mengubah doktrin strategis nasional.

Jakarta akan tenggelam pada tahun 2050 sebenarnya sudah banyak diprediksi.

Fenomena land subsidence atau tanah ambles adalah penurunan muka tanah yang dapat diakibatkan oleh berbagai faktor.

Berdasarkan penjelasan dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, tanah ambles disebabkan oleh dua kelompok besar, yakni faktor geologi (gempa tektonik) dan faktor geoteknik (pengambilan air tanah, konsolidasi alami, serta beban bangunan.

Baca Juga: Imbau Warga Ibu Kota Gercep Daftar Vaksinasi, Anies Baswedan Ingatkan Masyarakat Wajib Penuhi Syarat Ini