Find Us On Social Media :

Mau Rasakan Hidup di Mars? Kini NASA Sedang Cari Relawan yang Ingin Tinggal di Planet Mars Buatan Selama Setahun, Simak Berikut Ini Persyaratannya!

By Lina Sofia, Rabu, 11 Agustus 2021 | 19:42 WIB

Planet Mars yang Mirip dengan Bumi

GridPop.ID - Pernah terfikir untuk tinggal di Planet Mars? atau tertarik untuk mencobanya?

Dikabarkan bahwa Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah mencari relawan untuk mencoba merasakan tinggal di planet yang dijukki planet Merah itu.

NASA melakukan percobaan untuk tinggal di Mars ini selama kurun waktu setahun.

Akan tetapi, planet Merah yang dimaksud bukanlah Mars yang sesungguhnya, melainkan sebuah planet simulasi yang mirip dengan habitat planet itu.

Habitat planet Mars seluas 160 meter persegi ini dinamai Mars Dune Alpha.

Habitat dibuat dengan menggunakan printer 3D dan ditempatkan di dalam gedung Johnson Space Center di Houston, Amerika Serikat.

Dilansir Kompas.com dari Phys, Senin (9/8/2021) misi simulasi tinggal di Mars yang disebut Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA) ini nantinya berlangsung selama setahun.

Relawan yang dibayar kemudian akan mengerjakan simulasi misi eksplorasi Mars, mulai dari spacewalks, komunikasi terbatas, makanan dan sumber daya terbatas serta menangani kerusakan peralatan.

Dalam mencari relawan ini, NASA akan melakukan tiga percobaan untuk para relawan yang mencoba tinggal di habitat planet Mars buatan itu, misi ini direncanakan dapat dimulai pada musim gugur tahun depan.

Semua makanan yang disediakan dalam misi simulasi hidup di Mars adalah makanan siap saji.

Baca Juga: Setelah 18 Tahun, Fenomena Bulan Merah Super Kembali Terlihat di Indonesia Saat Hari Raya Waisak pada 26 Mei 2021 Mendatang