Find Us On Social Media :

Puluhan Tahun Hidup Sebatang Kara Usai Diusir dari Malaysia, Kakek Eks TKI Hidup Terpisah dengan Anak Istri karena Hal yang Tak Disangka-sangka Ini

By Lina Sofia, Senin, 16 Agustus 2021 | 15:02 WIB

Daeng Patanga memperdengarkan alunan gambus di rumah warga di Tanjung Batu Nunukan Kaltara. Daeng merupakan eks TKI Malaysia yang tinggal di Nunukan demi mendapat kabar anak istrinya yang ada di Malaysia. Untuk survive ia membuat arang dan tinggal berpindah pindah dari satu kebun ke kebun lain

GridPop.ID - Kakek asal Bone Sulawesi Selatan bernama Bakri alias Daeng Patanga (65)  tinggal di tengah kebun dengan sebuah terpal semacam tenda sebagai rumahnya.

Diketahui sang kakek adalah eks TKI Malaysia, dan mulai berada di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara sejak 2016.

Saat menjadi TKI sang kakek bekerja sebagai sopir, kemudian diusir dari Malaysia 23 tahun lalu.

Kakek Bakri sudah bekerja sebagai supir truk di daerah Sandakan Malaysia sejak 1982 atau saat usianya 26 tahun.

Dilansir dari Komapas.com, ia menderita hepatitis B, sehingga otoritas setempat mencatatkan namanya dalam daftar TKI deportasi.

"Saya dihalau (diusir) dari Malaysia tahun 1998, dipulangkan ke Bone Sulawesi Selatan tapi tidak pulang ke rumah, malu dengan keluarga," ujarnya memulai cerita, Minggu (15/8/2021) Kakek Bakri lalu memutuskan pergi mencari kerja di daerah Palopo.

Di sana ia membuka kebun coklat. Sudah sekitar 17 tahun kebun tersebut ia kelola dan menikmati hasilnya.

Sayangnya, terjadi perebutan lahan dengan warga lokal sekitar 2016. Merasa diri sebagai pendatang, Kakek Bakri terpaksa mengalah dan memilih pergi ke Nunukan sampai hari ini.

Baca Juga: Kisah Kakek Safaruddin Kayuh Sepeda Sejauh 15 Kilometer Demi Vaksinasi Dilirik Ivan Gunawan hingga Diberi Sepeda Motor Matic, Faktanya Bikin Tercengang!