Find Us On Social Media :

Ditinggal Presidennya Ngumpet dari Incaran Taliban, Nasib Warga Afghanistan Berada di Ujung Tanduk Usai Suara Tembakan Menggema di Bandara Hingga Pesawat Tak Bisa Lepas Landas!

By Arif B, Selasa, 17 Agustus 2021 | 19:01 WIB

Foto yang merekam kepanikan warga Afghanistan di bandara Kabul usai kemenangan Taliban terhadap pemerintahan yang sah.

GridPop.ID - Suasana di Afghanistan kian mencekam setelah pemerintahan negara itu berhasil dikuasai Taliban.

Ribuan warga Afghanistan pun memenuhi Bandara Internasional Kabul berebut naik pesawat untuk melarikan diri dari incaran Taliban.

Pasalnya, seperti yang dilansir dari Kompas.com, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah meninggalkan negara itu ketika kelompok bersenjata Taliban memasuki ibu kota, Kabul pada Minggu (15/8/2021).

Ia dilaporkan terbang menuju Tajikistan. Wakil Presiden Amrullah Saleh juga dilaporkan menyelamatkan diri ke luar negeri.

Kepastian kepergian Ghani antara lain dikonfirmasi oleh Abdullah Abdullah, Ketua Dewan Tinggi Rekonsiliasi Nasional, lembaga yang dibentuk untuk berunding dengan unsur-unsur Taliban.

Menyebutnya sebagai "mantan presiden", Abdullah mengatakan Ghani telah "meninggalkan bangsa dan negara ini dalam situasi yang seperti ini".

Kemacetan luar biasa terjadi di seluruh sudut kota Kabul, ketika warga berusaha melarikan diri.

Baca Juga: Babak Belur Berkali-kali Dipukul Mundur Militan Taliban, Tentara Afghanistan Dipaksa Terima Kenyataan Kegagalan Mereka Dipicu Hal Ini, Warga Mulai Panik dan Pilih Kabur dari Negaranya!