Find Us On Social Media :

2 Kali Dihadirkan pada Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekan RI di Istana Merdeka, Begini Kondisi Naskah Asli Proklamasi Tulisan Tangan Soekarno

By Lina Sofia, Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:01 WIB

Kondisi Naskah Teks Proklamasi Asli Tulisan Tangan Soekarno

GridPop.ID - Pada upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI atau HUT Ke-76 RI, Naskah Asli Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tulisan tangan Soekarno untuk kali kedua kembali dihadirkan dan disandingkan dengan bendera pusaka pada, Selasa (17/8/2021). 

Sebelumnya, Naskah Asli Proklamasi tersebut kali pertama dihadirkan pada upacara kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada tahun lalu, 17 Agustus 2020.

Naskah Asli Proklamasi yang ditulis tangan Soekarno pada Jumat 17 Agustus 1945 dini hari di rumah Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Meiji Dori (sekarang Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat), kini kondisinya telah mengalami kerusakan di beberapa bagian.

Namun, seluruh kalimat pada naskah asli proklamasi kemedekaan RI tulisan tangan Soekarno itu sampai kini masih bisa terbaca jelas.

Sejak diserahkan kepada Presiden Soeharto pada 1995, naskah asli proklamasi tersebut disimpan di ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia).

Rumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 yang dituangkan berupa tulisan tangan tersebut dulunya sempat dibuang ke keranjang sampah setelah disalin menggunakan mesin ketik.

Adalah Burhanuddin Mohammad Diah (BM Diah) yang saat itu telah mengambilnya dari tempat sampah kemudian menyimpannya sebagai dokumen pribadi, setelah rapat perumusan naskah proklamasi berakhir pada 17 Agustus 1945. 

Dilansir Tribun Jogja dari Kompas.com, naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia itu ditulis pada selembar kertas berwarna putih dari blocknote berukuran panjang 25,8 sentimeter, lebar 21,3 sentimeter dan tebal 0,5 milimeter.

Baca Juga: Pantas Saja Kini Sukses Jadi Anggota Paskibraka Nasional, Begini Perjalanan Febriti Nur Tsabitah si Pengibar Bendera Merah Putih HUT RI ke-76