Find Us On Social Media :

Mitos atau Fakta Micin Bikin Bodoh? Begini Penjelasan Para Ahli Berdasarkan Penelitian, Kesimpulannya Tak Disangka-sangka

By Andriana Oky, Minggu, 22 Agustus 2021 | 12:32 WIB

mitos atau fakta micin bikin bodoh?

GridPop.ID - MSG merupakan singkatan dari monosodium glutamat atau lebih sering dikenal dengan sebutan mecin atau micin di Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, MSG merupakan kristal berwarna putih yang diekstrak dari asam glutamat alami yang bisa ditemukan di banyak bahan makanan.

Secara kimia MSG berbentuk seperti bubuk crystalline berwarna putih yang mengandung 78 persen asam glutamat dan 22 persen gabungan dari sodium dan air. Kegunaannya adalah memperkuat dan meningkatkan rasa makanan.

MSG atau micin ini bisa digunakan sebagai pengganti garam.

Namun, sayangnya micin memiliki reputasi buruk lantaran disebut-sebut bisa membuat bodoh dan jerawatan.

Dilansir dari Sripoku.com, MSG memiliki reputasi buruk karena sindrom restoran China yang muncul pertama kali di Amerika Serikat.

Sebuah surat tentang 'sindrom restoran Cina' yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1968, memicu kekhawatiran tentang konsumsi MSG.

Penulis bernama Robert Ho Man Kwok, melaporkan merasa mati rasa di bagian belakang lehernya dan kelemahan umum setelah makan di restoran Cina di Amerika Serikat kala itu.

Baca Juga: POPULER: Sering Dianaktirikan Karena Rumor Merusak Otak, Ternyata Ini Fakta-fakta Tentang MSG Alias Micin yang Tak Banyak Diketahui Publik