Find Us On Social Media :

Pandemi Covid-19 Belum Selesai, WHO Kini Pantau Ketat Varian Virus Corona Baru Bernama Mu yang Dinilai Kebal Terhadap Vaksin, Simak Berikut Ini Penjelasannya

By Lina Sofia, Kamis, 2 September 2021 | 11:02 WIB

Varian virus corona

GridPop.ID - Sampai saat ini pandemi covid-19 tampaknya masih jauh dari kata selesai.

Pasalnya, virus corona masih terus memunculkan sejumlah varian baru di tempat berbeda.

Kali ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan strain virus corona baru bernama Mu, sebagai variant of interest (voi).

Dilansir Kompas.com dari The Guardian, Rabu (1/9/2021), varian Mu atau B.1.621 pertama kali diidentifikasi di Kolombia dan kasus pertama tercatat di Amerika Serikat dan Eropa.

Dalam buletin mingguan WHO tentang pandemi menyebutkan, varian tersebut memiliki kemampuan yang menunjukkan dirinya bisa lebih tahan terhadap vaksin, seperti halnya varian Beta.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memeriksa varian Mu.

Informasi yang tersaji dalam buletin mingguan WHO menyebut:

"Sejak identifikasi pertama di Kolombia pada Januari 2021, ada beberapa laporan sporadis kasus varian Mu dan beberapa wabah yang lebih besar telah dilaporkan dari negara lain di Amerika Selatan dan di Eropa".

"Varian Mu memiliki konstelasi mutasi yang menunjukkan sifat potensial untuk lolos dari kekebalan".

Menurut pemberitaan France24, Rabu (1/9/2021), ada kekhawatiran yang meluas atas munculnya mutasi virus baru.

Hal ini disebabkan karena tingkat infeksi kembali meningkat secara global, terlebih dengan adanya varian Delta yang mudah menular.

Baca Juga: Geger Istilah Covid-22 Jadi Buah Bibir Warga Twitter, Disebut-sebut Lebih Ganas dari Varian Delta, Ternyata Ini Makna Sebenarnya Menurut Ahli