Find Us On Social Media :

Awalnya Minim Dukungan Sampai Dianggap Gila, Kini Seorang Pengusaha Kelor Asal Blora Tembus Pasar Eropa hingga Omzetnya Capai Rp 4 Miliar, Begini Fakta Dibaliknya

By Lina Sofia, Selasa, 7 September 2021 | 05:23 WIB

Daun Kelor

GridPop.ID - Kita semua pasti sudah tahu, daun kelor punya segudang manfaat yang tidak diragukan lagi.

Di Indonesia sudah banyak berbagai macam penelitian yang membuktikan bahwa kandungan di dalam daun kelor ini sangat baik untuk kesehatan..

Karena sudah terkenal dengan ajaibnya daun ini, pria asal Blora memanfaatkan peluang bisnis.

Ya, seorang pengusaha asal Blora, Jawa Tengah, bernama Ai Dudi Krisnadi, menangkap peluang tanaman kelor dari perspektif lain.

Mengkombinasikan aspek lokal budaya dan sains, ia tekun menggeluti budidaya dan olahan berbagai produk ekspor dari daun kelor.

Dilansir dari Kompas.com, Kang Dudi, sapaan akrabnya, kemudian menceritakan awal mula menggeluti bisnis kelor yang saat ini mampu meraih omzet hingga Rp 4 Miliar per tahun.

Pria asal Pangandaran, Jawa Barat, tersebut mengaku sudah melakukan riset tentang dunia kelor sejak sekitar 2011.

"Sebetulnya kalau yang teman-teman lihat saya pengusaha kelor, disebut miliarder kelor itu semua kecelakaan sejarah, jadi enggak ada dari awal saya itu berniat menjadi pengusaha kelor," katanya saat ditemui Kompas.com di Puri Kelorina, Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Sabtu (4/9/2021).

Dudi selanjutnya membuat lokasi penelitian sekaligus pembudidayaan kelor di sekitar desa hutan di Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu, Berikut Ini Deretan Manfaat Daun Kelor Dijamin Manjur untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit