Find Us On Social Media :

Banyak Orang Belum Tahu, 12 Fakta Menarik Ini Tersimpan di Balik Rasa Lezat Cokelat, Ada yang Gunakan Sebagai Alat Pembayaran Saking Berharganya

By None, Selasa, 14 September 2021 | 15:02 WIB

Fakta menarik seputar cokelat

GridPop.ID - Cokelat menjadi salah satu makanan yang banyak digemari orang-orang.

Maka tak heran jika ada peringatan Hari Cokelat Internasional yakni tiap 13 September.

Akan tetapi, tak banyak yang tahu bahwa cokelat memiliki beragam fakta menarik yang bisa dikulik.

Fakta menarik dari makanan kecintaan sejuta umat ini adalah cokelat biasa digunakan sebagai makanan penggugah mood lantaran dapat menstimulasi endorfin guna menciptakan hormon bahagia.

Cokelat tak bisa dilepaskan dari bagian penting sejarah kehidupan manusia, ada banyak fakta menarik selain cokelat meningkatkan endorfin. Apa saja?

1. Cokelat menstimulasi endorfin

Dikutip Kompas.com, cokelat bisa menstimulasi endorfin dalam otak. Endorfin adalah zat kimia dalam tubuh yang dikaitkan dengan rasa gembira di hati dan termasuk hormon kebahagiaan.

2. Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan

Pohon kakao pertama kali dibudidayakan di Amerika bagian tengah dan selatan pada tahun 1250 sebelum masehi, bahkan lebih dari itu.

3. Arti pohon kakao

Nama ilmiah untuk pohon kakao untuk membuat cokelat adalah Theobroma cacao. Secara harfiah, arti dari penamaan tersebut yaitu 'cacao, makanan para dewa'.

Baca Juga: Nyesel Banget Baru Tahu Sekarang, di Balik Lezatnya Nyemil Cokelat Ada Manfaat Tersembunyi yang Wajib Diketahui Terutama Bagi Pemilik Masalah Rambut