Find Us On Social Media :

Fosil Laba-laba Berusia 99 Juta Tahun Ditemukan, Peneliti Ungkap Ulah Induk Laba-laba kepada Anaknya yang Bikin Tercengang

By Lina Sofia, Minggu, 19 September 2021 | 17:22 WIB

Ilustrasi laba-laba

GridPop.ID - Baru-baru seorang peneliti telah menemukan fosil laba-laba yang diperkirakan berusia 99 juta tahun lalu.

Mengejutkan, saat fosil itu ditemukan peneliti ungkap sang induk laba-laba menjaga baik anak-anaknya.

Yang mana ibu laba-laba memegang kantung telur dengan laba-laba kecil di dalamnya, itulah posisi laba-laba betina menjaga telur.

Dilansir Kompas.com dari Live Science, Kamis (16/9/2021), fosil yang ditemukan di sebuah desa di Myanmar Utara sebelum tahun 2017 ini merupakan fosil tertua.

Terdapat empat bongkahan ambar, resin atau getah pohon yang menjadi fosil dengan warna yang cantik, yang menjadi perangkap yang mengabadikan beberapa ibu laba-laba bermata besar.

Kemungkinan besar ibu laba-laba sedang menjaga kantung telur dan merawat anak-anak mereka yang sudah menetas ketika terjebak dalam resin pohon yang lengket.

"Sangat menyenangkan memiliki bukti fisik nyata melalui foto-foto kecil dalam catatan fosil," ujar Paul Selden, rekan peneliti studi sekaligus profesor terkemuka emeritus dari Departemen Geologi di University of Kansas.

Dari empat bongkahan ambar, Selden mengatakan yang paling luar biasa adalah bongkahan dengan laba-laba betina besar beserta kantung telur di bawahnya.

Perilaku protektif ibu laba-laba terhadap kantung telur mereka memperlihatkan perawatan induk yang mungkin juga membantu menjaga telur agar tetap hangat.

"Betina memegang kantung telur dengan laba-laba kecil di dalamnya, itulah posisi yang akan Anda temukan laba-laba betina menjaga telur mereka," tambah Selden.

Baca Juga: Dengar Teriakan Histeris Seorang Gadis, Tetangga Panik hingga Hubungi Polisi, Kebenarannya Membuat Semua Orang Syok