Find Us On Social Media :

Ungkap Fakta Mencengangkan, Peneliti Sebut Sayap Ternyata Ayam Tak Punya Kemampuan untuk Terbang, Begini Penjelasannya

By Lina Sofia, Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:30 WIB

Ilustrasi ayam

GridPop.ID - Hewan ayam menjadi hewan yang banyak ditemukan dimana-mana.

Betapa tidak, ayam kerap dikonsumsi manusia kapan saja.

Ayam merupakan salah satu hewan yang memiliki sayap, meski memiliki sayap, ternyata ayam tidak bisa terbang, lho.

Nah, tahukah Anda kenapa ayam tidak bisa terbang?

Dilansir Kompas.com dari Live Science, Selasa (4/10/2021), ayam tidak bisa terbang karena sayapnya yang terlalu kecil dan otot terbangnya yang terlalu besar dan berat.

"Karenanya, ayam menjadi sulit lepas landas," kata Michael Habib, seorang Asisten Profesor Sel Klinis dan Neurobiologi di University of Southern California dan seorang rekan peneliti di Dinosaur Institute di Natural History Museum of Los Angeles County.

Kendati demikian, Habib kembali mengatakan bahwa tidak semua ayam selalu seperti itu.

Ayam hutan (Gallus gallus), kerabat terdekat ayam modern (Gallus gallis domesticus) yang termasuk dalam kelompok burung buruan seperti belibis, burung pegar dan puyuh, diketahui bisa terbang meski hanya dalam jarak pendek.

Mereka memiliki otot terbang yang kuat dan besar untuk lepas landas dalam waktu cepat dan hampir terbang secara vertikal dalam jarak pendek atau yang disebut penerbangan meledak.

Kemampuan tersebut memungkinkan mereka untuk melarikan diri dari pemangsa.

Sedangkan, hal tersebut tidak berlaku bagi ayam modern. Otot terbang ayam modern yang besar dapat menghambat penerbangannya.

Baca Juga: Intip Tips Rahasia Resto Terkenal Saat Rebus Ayam, Cukup Campurkan Cairan Ini Dijamin Rasanya Sedap Gurih Bikin Nagih!