Find Us On Social Media :

Selama Ini Salah Kaprah, Ternyata Jenis Penyakit Diabetes Sangat Berpengaruh pada Pengendalian Luka Awal, Dokter Beberkan Fakta dan Ungkap Penanganan yang Tepat

By Lina Sofia, Senin, 11 Oktober 2021 | 15:21 WIB

Mengenal jenis diabetes

GridPop.ID - Seperti kita ketahui bahwa penyakit diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya.

Penyakit ini bisa terjadi karena kadar gula darah dalam tubuh terlalu tinggi.

Kondisi tersebut terjadi lantaran tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup atau menjadi tidak sensitif terhadap insulin yang diproduksi tubuh.

Umumnya penyakit diabetes kerap dibagi menjadi dua jenis yaitu basah dan kering yang dilihat dari luka yang didapatkan pasien penderita diabetes.

Ada yang berpandangan jika diabetes yang basah memiliki luka bernanah dan nampak basah. 

Padahal, menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia hal itu tidaklah benar, justru diabetes basah dan kering tidak ada di dalam ilmu kedokteran. 

Melansir dari Tribunnews.com, Dr Santi menjelaskan jika hal ini sebetulnya dipengaruhi oleh pengendalian luka lebih awal. 

"Pengendalian luka sedari dini dan tepat bisa menimbulkan perbedaan luar biasa. Kalau tahu luka ditangani sedini mungkin dan ditangani dengan benar, maka luka tidak akan jadi infeksi," ungkapnya pada kanal YouTube Sonora FM, dikutip, Minggu (10/10/2021).

Kalau terjadi infeksi tidak akan menimbulkan nanah. Sekecil apa pun luka, dr Santi menyarankan agar penderita diabetes tidak lengah. 

"Jadi kalau setiap luka, betapa kecil dan remeh pada orang diabetes harus dianggap serius dan ditanggapi serius," pungkasnya. 

Misalnya saat penderita diabetes membeli sendal. Tanpa sadar sendal tersebut kaku dah bahannya keras sehingga membuat pemilik sendal mengalami lecet pada kaki. 

"Cuma merah doang, kayanya ga apa apa. Jangan begitu. Semua luka harus dianggap serius," pungkasnya. 

Baca Juga: Mohon Bantu Doa, Kondisi Terkini Dorce Gamalama Sejak Dilarikan ke RS dan Sempat Meronta, Dokter Terpaksa Ambil Tindakan Serius Ini hingga Keluarga Tak Tega