Find Us On Social Media :

Suhunya Capai 9 Derajat Celcius, Ternyata Indonesia Punya Kota yang Bersuhu Dingin hingga Penduduknya Dilarang Keras Berkegiatan di Luar Lewat Jam 6 Sore

By Lina Sofia, Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:22 WIB

Kota Mulai, kota terdingin di Indonesia.

GridPop.ID - Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki iklim tropis sebab letaknya di garis khatulistiwa.

Disamping itu, di Indonesia hanya terjadi 2 musim, yaitu musim panas dan musim hujan.

Sebagai negara tropis, Indonesia ternyata memiliki beberapa daerah yang bersuhu dingin lho.

Kebanyakan daerah-daerah dingin tersebut berada di ketinggian dan sebagian wilayahnya masih tertutup oleh vegetasi sehingga suhu udara cenderung sejuk dan dingin.

Kota tersebut adalah Kota Mulia, ya kota ini merupakan bagian dari Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi, Papua, yang menjadi kota paling dingin di Indonesia.

Dikutip dari TribunJateng via Grid.ID, Rabu (20/10/2021), distrik Mulia atau Kota Mulia memiliki daratan seluas 883 km persegi dan berada pada ketinggian 2.448 mdpl, sehingga wilayah ini memiliki udara yang cenderung dingin.

Apalagi jika suhu udara di Distrik Mulia ini pada malam hari bisa mencapai 9 derajat celcius.

Lokasinya yang tak jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya membuat daerah ini terkadang memiliki suhu udara mencapai titik beku.

Data dari Badan Metereologi dan Geofisika, curah hujan di kawasan Kabupaten Puncak Jaya terjadi hampir sepanjang tahun.

Untuk mencapai Distrik Mulia satu di antaranya adalah menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang hanya dapat memuat sembilan penumpang.

Baca Juga: Hanya Satu-satunya, Inilah Kota Paling Dingin di Indonesia, Suhunya di Siang Hari Bisa Mencapai 15 Derajat Celcius