Find Us On Social Media :

Ayahnya Seorang Pahlawan Sekaligus Maestro Kenamaan Indonesia, Anak Semata Wayang Ismail Marzuki Hidup dalam Impitan Ekonomi hingga Pontang-panting Lakoni Profesi Ini Demi Sambung Hidup

By Lina Sofia, Jumat, 12 November 2021 | 15:41 WIB

Ismail Marzuki

GridPop.ID - Tokoh Ismail Marzuki bukan lagi sosok yang asing di telinga masyarakat Indonesia.

Pasalnya namanya dikenal sebagai pahlawan nasional sekaligus maestro kenamaan Tanah Air.

Dilansir dari Kompas.com, semasa hidupnya, Ismail Marzuki dikenal sebagai komponis besar Indonesia yang sudah menciptakan lagu-lagu patriotik dan lagu kebangsaan Indonesia.

Salah satu lagunya yang sering dinyanyikan bertepatan dengan hari pahlawan adalah Gugur Bunga yang menjadi lagu wajib nasional.

Pria kelahiran Jakarta, 11 Mei 1914 ini juga merupakan pencipta dari lagu Halo Halo Bandung serta Rayuan Pulau Kelapa yang terpatri di hati banyak masyarakat Indonesia.

Meski Ismail Marzuki dinobatkan sebagai maestro Indonesia dan juga pahlawan nasional Indonesia, ini tidak menjadi jaminan akan kesejahteraan keluarga yang ia tinggalkan.

Anak semata wayang Ismail Marzuki yang bernama Rachmi Aziya (70) kini hidup dalam impitan ekonomi.

Di usia senjanya, Rachmi berjualan minuman es di pinggir jalan di depan rumah kontrakannya di daerah Sawangan, Depok, demi memenuhi kebutuhan hidup.

Kebanyakan pelanggan Rachmi adalah anak-anak.

Dibantu oleh anak bungsunya yang sudah berkeluarga, Rachmi mengaku mendapat keuntungan Rp 30 ribu setiap harinya dari berjualan minuman.

“Kalau uang engga cukup ya harus dicukupin,” ujar Rachmi, seperti dilansir Tribunnews.com via GridHot.ID.

Ia mengaku memilih berjualan minuman es karena modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis itu tidak seberapa.

Baca Juga: Biodata Artis Asri Welas, Pemeran Tokoh Welas dalam Sitkom Suami-suami Takut Istri, Ternyata Keturunan Tokoh Pahlawan Nasional IniBaca Juga: Terkenal dan Punya Banyak Pengemar, 6 Artis Cantik Ini Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional Indonesia, Ini Dia Sosoknya!