Find Us On Social Media :

Bikin Kalang Kabut Dunia, Dokter Penemu Virus Corona Varian Omicron Ini Ungkap Gejala yang Dirasakan oleh Beberapa Pasien yang Terpapar: Tak Lazim tapi Ringan

By Lina Sofia, Senin, 29 November 2021 | 14:42 WIB

Varian COVID-19 Baru Omicron

GridPop.ID - Kehadiran virus Corona varian baru yang dinamai varian Omicron kini tengah menjadi perhatian dunia.

Virus Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron ini berasal dari Afrika.

Dokter Afrika Selatan bernama Angelique Coetzee adalah yang pertama memperingatkan tentang Covid-19 varian Omicron.

Untuk gejala yang akan dirasakan pasien, ia menyebut gejalanya tidak biasa, tetapi jika terkena varian virus Omicron ini cenderung ringan untuk pasien yang sehat.

Meski begitu, dia khawatir varian baru virus corona ini dapat menyebabkan komplikasi pada orang tua dan orang yang belum divaksinasi.

Melansir Kompas.com dari New York Post pada Sabtu (27/11/2021), Coetzee yakin menemukan jenis virus baru setelah pasien Covid-19 di tempat praktik pribadinya di Pretoria menunjukkan gejala aneh.

"Gejala mereka sangat berbeda dan sangat ringan dari yang pernah saya tangani sebelumnya," kata Coetzee kepada The Telegraph.

Dia lalu menelepon komite penasihat vaksin Afrika Selatan pada 18 November, setelah satu keluarga yang terdiri dari empat orang semuanya dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala yang termasuk kelelahan ekstrem.

Sejauh ini, dia memiliki 20-an pasien yang positif dan menunjukkan gejala varian baru, kebanyakan pria muda.

Sekitar setengah dari pasien-pasien itu belum divaksin, katanya. Tak satu pun dari mereka yang terinfeksi kehilangan indra penciuman atau rasa.

Baca Juga: WHO Khawatir Corona Varian Omicron Picu Gelombang ke-3 Pandemi Covid-19, Epidemiolog Sarankan Pemerintah Lakukan 2 Hal Ini untuk Antisipasi