Find Us On Social Media :

Waspada Virus Omicron Mengintai, Epidemiolog Peringatkan Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Bepergian Selama Libur Natal dan Tahun Baru Mendatang

By Lina Sofia, Selasa, 30 November 2021 | 16:02 WIB

Varian Omicron adalah varian baru COVID-19 yang ditemukan pertama kali di Afrika Selatan.

GridPop.ID - Virus Covid-19 Varian baru B.1.1.529 Omicron ini dapat berpotensi menjadi masalah besar untuk dunia.

Kabar ini mulai mencuat dan menghebohkan publik jelang momen libur natal dan tahun baru (nataru).

Yang mana libur natal dan tahun baru ini sebagian besar masyarakat akan menyambutnya dengan meriah.

Bagi siapapun yang berniat melakukan aktivitas di luar dan bertemu dengan orang, maka baiknya perlu dipertimbangkan lagi.

Sebab varian ini meski baru, bisa jadi masalah yang serius jika kita mengabaikannya.

Melansir dari Kompas.com, hal ini pun telah diungkapkan Epidemiolog dari Griffifth University Australia, Dicky Budiman, bahwa varian B.1.1.529 Omicron ini bukan sekedar baru, tapi juga ini berpotensi menjadi masalah besar bukan hanya Indonesia dan Afrika, tetapi dunia. 

Sebab, meskipun gejala yang diakibat oleh infeksi varian baru ini disebut cukup ringan, kecepatan penularan mencapai lebih dari 500 persen atau 5 kali lipat dibandingkan dengan virus corona SARS-CoV-2 aslinya yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China 2019 lalu.

Dengan potensi penularan yang mencapai 500 persen tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikan varian Omicron ini ke dalam kategori variant of concern (VoC), tanpa melalui kategori variant of interest (VoI).

Untuk itu penting bagi kita memperhatikan hal-hal ini jika beniat melakukan aktivitas berkerumun saat nataru untuk lebih dipertimbangkan lagi agar terhindar dari virus varian baru ini.

1. Batasi mobilitas

Dicky berkata, meskipun kasus infeksi varian baru Omicron belum masuk ke Indonesia, tetapi bukan berarti masyarakat bisa menganggap sepele peringatan dini penularan infeksi yang bisa terjadi.

"Nah, oleh karena itu dalam konteks nataru (libur natal dan tahun baru) batasilah apa pergerakan kita, kalau tidak esensial, jangan (banyak mobilitas di luar rumah, berlibur, berwisata, dan lain sebagainya)," kata Dicky.

Baca Juga: Bikin Kalang Kabut Dunia, Dokter Penemu Virus Corona Varian Omicron Ini Ungkap Gejala yang Dirasakan oleh Beberapa Pasien yang Terpapar: Tak Lazim tapi Ringan