Find Us On Social Media :

Tak Hormati Kebudayaan Lokal, Pria Tendang dan Hancurkan Sesajen di Lokasi Erupsi Gunung Semeru Ini Resahkan Warga, Kini Diburu Aparat!

By Lina Sofia, Senin, 10 Januari 2022 | 11:02 WIB

Pria tendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru.

GridPop.ID - Viral video aksi pria menendang serta membuang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru dikecam warganet di media sosial.

Kata sesajen kemudian sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter pada Minggu (9/1/2022).

Mereka menilai tindakan si pria tersebut tidak menghargai kearifan budaya lokal.

Dikutip dari Tribun Jabar , akun Twitter @Setiawan3833 membagikan video ini.

Dalam video tersebut nampak pria memakai rompi hitam berada di lokasi erupsi Gunung Semeru dan mendatangi sesajen yang disimpan di atas tanah.

“Ini yang membuat murka Allah, jarang sekali disadari bahwa inilah yang mengundang murka Allah hingga menurunkan adzabnya,” kata lelaki dalam video tersebut.

Setelah itu dia melempar dan menendang sesajen tersebut.

@Setiawan3833 juga membagikan video aksi serupa. Tampak pria yang sama membuang sesajen di atas batu seperti Lingga dan juga menuliskan keterangan:

"Janganlah berlaku sombong dengan tidak menghormati kearifan lokal, adat dan budaya lainnya. Kejadian di Sumbersari, Lumajang.

Baca Juga: Heboh! Syuting Sinetron 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda' Dilakukan di Pengungsian Erupsi Semeru, Dituding Manfaatkan Bencana Demi Naikkan Rating, Begini Jawaban Produser 

Masyarakat Sumbersari, Lumajang habis mengadakan acara sedekah desa dan ruwatan untuk memohon keselamatan dari bencana tapi diperlakukan seperti ini."

Menurutnya, tindakan pria berlebihan dan tak perlu dilakukan karena menyakiti hati warga. Apalagi, perbuatan itu dilakukan sengaja dan direkam dengan video.