Find Us On Social Media :

Banyak Orang Tidak Tahu, Poligami bagi Pria Menurut Ahli Bisa Perpanjang Umur, Berikut Penjelasannya!

By Arif B, Kamis, 13 Januari 2022 | 09:21 WIB

Ilustrasi poligami

GridPop.ID - Praktik poligami sedang ramai jadi perdebatan di tengah masyarakat.

Banyak yang menentang, tapi ada juga yang mendukungnya.

Dalam agama Islam sendiri laki-laki memang diperbolehkan mempunyai istri sampai empat.

Namun, hal ini dipandang sebagian orang memiliki resiko buruk untuk kesehatan organ reproduksi perempuan.

Poligami dalam segi kesehatan memang memiliki beberapa efek seperti meningkatnya kemungkinan penyebaran Penyakit Menular Seksual (PMS), termasuk di dalamnya HIV karena memiliki pasangan seksual lebih dari satu.

Melansir dari Tribun Medan, 1 dari 8 orang di Mozambique terinfeksi HIV dan para ahli percaya bahwa tradisi pria memiliki banyak istri merupakan faktor utama penyebaran dari infeksi ini.

Prevalensi HIV pun juga menyebar di Papua dengan faktor penyebab yang sama.

Riset yang dilakukan oleh The Medical Research Council (UK) Rockefeller Foundation, juga menyebutkan bahwa wanita yang memiliki suami beristri lebih dari satu memiliki risiko 3 kali lebih besar dalam terinfeksi herpes genital dibandingkan pasangan yang monogami.

Hal ini mengindikasikan bahwa wanita memiliki risiko tinggi terkena infeksi herpes dipengaruhi oleh pernikahannya.

Baca Juga: Ussy Sulistiawaty Bak Tersambar Petir di Siang Hari, Andhika Pratama Tetiba Minta Izin Poligami hingga Buat 2 Sahabatnya Syok: Selingkuh Aja Diceraiin...

Namun, beda halnya dengan penelitian yang dilakukan oleh Virpi Lummaa, seorang ahli ekologi Inggris dari Universitas Sheffield.

Dalam publikasi penemuannya pada pertemuan tahunan International Society for Behavioral Ecology di Ithaca, New York, Amerika Serikat, dia menyebut manfaat poligami bagi pria bisa memperpanjang umur.