Find Us On Social Media :

Jangan Lagi Dianggap Sepele! Kenali 11 Ciri-ciri Asam Lambung Naik, Mulai dari Mual hingga Berat Badan yang Anjlok Drastis Tanpa Sebab

By Ekawati Tyas, Rabu, 26 Januari 2022 | 08:02 WIB

Ilustrasi penderita asam lambung.

GridPop.ID - Asam lambung atau dikenal dengan istilah GERD (Gastroesophageal reflux disease) menjadi penyakit yang banyak diderita orang-orang.

Tak sedikit yang abai jika tubuh sebenarnya telah menunjukkan ciri-ciri jika asam lambung naik dan harus segera ditangani.

Dilansir dari TribunBali.com, asam lambung sendiri adalah suatu kondisi dimana zat yang secara alami diproduksi perut untuk mencerna makanan, tetapi terkadang diproduksi terlalu banyak yang menyebabkan itu menjadi penyakit.

Perlu diketahui bahwa asam lambung disebabkan oleh sejumlah hal, seperti cincin otot sfingter esofagus yang lemah, hernia hiatus (bagian lambung mencuat ke area dada melalui lubang diafragma), atau pola makan dan kebiasaan hidup sehari-hari yang tidak sehat.

Nah apa saja kebiasaan sehari-hari yang tak sehat tersebut?

1. Makan terlalu banyak

Renggangan perut bisa makin besar jika mengonsumsi makanan terlalu banyak.

Kondisi ini tak hanya menimbulkan rasa kenyang atau kembung, tapi juga memberi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah (LES).

Saat seseorang berlebihan dalam mengonsumsi makanan, maka tekanan pada perut bisa menyebabkan LES terbuka sehingga memungkinkan isi perut bocor kembali ke kerongkongan.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Penyanyi Kondang Ini Meninggal Dunia Akibat Asam Lambung, Ternyata Sayuran Murah Meriah Ini Ampuh Mengobatinya

Kondisi ini lah yang dapat menyebabkan perut terasa mulas.

2. Berbaring setelah makan