Find Us On Social Media :

Kenali Lebih Jauh OCD, Gangguan Kesehatan Mental yang Diidap Aliando Syarief hingga Membuatnya Vakum Beberapa Tahun Tak Bisa Beraktifitas, Berikut Penyebab, Risiko hingga Terapi Penyembuhannya

By Lina Sofia, Minggu, 30 Januari 2022 | 11:32 WIB

Aliando Syarief derita gangguan OCD

GridPop.ID - Kabar mengejutkan datang dari aktor Aliando Syarief.

Pasalnya baru-baru ini ia buat pengakuan bahwa dirinya mengidap gangguan mental OCD (Obsessive Complusive Disorder).

OCD merupakan pikiran berlebihan dan tak masuk akal, serta ketakutan.

Aliando mengungkap kondisi kesehatan mentalnya melalui siaran langsung di akun instagramnya @aliandooo, Kamis (27/1/2022).

Dilansir dari Grid.ID, lelaki berusia 25 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya menjadi tidak nafsu makan, tidak bisa mandi hingga tidak bisa bergerak.

Disamping itu, Aliando Syarief mengaku bahwa dirinya mengalami ilusi sadis seperti adegan pembunuhan, pembacokan, hingga menggorok.

Tak hanya itu, Aliando Syarief juga mengaku bahwa kerap merasa dirinya tengah berbohong padahal segala hal yang diucapkannya adalah benar.

Lalu apa itu OCD, penyebab, resiko hingga bagaimana terapi penyembuhannya?

Dilansir oleh  Kompas.com dari mayoclinic, OCD merupakan bentuk gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan sesuatu dalam pola berulang.

Baca Juga: Blak-blakan Ngaku Masih Perawan Ting Ting dan Nggak Pernah Berhubungan Seks Selama Pacaran, Prilly Latuconsina Malah Diejek Teman: Pantesan Lo Putus!

Ketika hal itu tidak dilakukan, maka penderita OCD akan mengalami ketakutan dan merasa cemas.

Melansir Mayoclinic, OCD menampilkan pola pikiran dan ketakutan yang tidak diinginkan (obsesi), yang membuat penderitanya melakukan perilaku berulang (kompulsif).