Find Us On Social Media :

Wasiat Dorce Gamalama yang Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan Ditolak Gus Miftah, MUI Langsung Beberkan Cara Mengurus Jenazah Transgender: Sesuai Kelamin Awal

By Lina Sofia, Senin, 31 Januari 2022 | 20:32 WIB

Dorce Gamalama tanggapi pernyataan Gus Miftah

GridPop.ID - Belakangan presenter senior Dorce Gamalama sedang menjadi perhatian publik.

Seperti diketahui bahwa Dorce Gamalama sedang menderita sakit diabetes dan demensia alzheimer hingga saat ini kaki kanannya tidak bisa jalan setelah ia jatuh dari toilet.

Merasa tak memiliki umur panjang, Dorce Gamalama ternyata sudah membuat was

Terkait wasiat Dorce Gamalama soal 'kematiannya' itu ternyata menuai banyak pro dan kontra dari pemuka agama.

Salah satunya pendakwah Gus Miftah pun turut menanggapi keinginan dan wasiat Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan sebagai perempuan.

Dilansir dari Serambinews.com, Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji itu membeberkan mengenai hukum islam soal proses penguburan jenazah wanita dan laki-laki.

"Jadi begini, kita lihat dulu status transgender dalam Islam. Jadi, ini memang sangat kontroversi ya, artinya persoalan transgender ini menjadi diskusi yang tidak pernah ada ending-nya," ungkap Gus Miftah.

Menurut Pimpinan Ponpes Ora Aji itu, jenis kelamin itu hanya ada 2, yakni laki-laki dan perempuan.

Meski begitu, dalam hukum Fiqih, ada jenis kelamin yang dinamakan khunsa.

Baca Juga: Usai Minta Uluran Tangan Pejabat untuk Berobat, Dorce Gamalama Buat Video Ucapan Terima Kasih hingga Sebut Orang Kaya Tak Tergantikan pada Atta Halilintar, Begini Reaksi Suami Aurel Hermansyah

"Jadi yang pertama, dalam Surat Al Hujurat itu, Allah menciptakan kelamin itu cuma ada dua, jadi jenis laki-laki dan perempuan. Kemudian dalam fiqh itu ada jenis kelamin yang ketiga namanya, Khunsa," imbuh dia.

Khunsa itu orang yang memiliki 2 alat kelamin, seperti yang dialami Aprilia Santi Manganang, atau Aprilio Manganang.