Find Us On Social Media :

Satu Indonesia Wajib Tahu! Main Ponsel Saat Tertancap Charger Disebut-sebut Bisa Bahayakan Nyawa, Ahli Beberkan Fakta yang Tak Disangka-sangka

By Ekawati Tyas, Kamis, 10 Februari 2022 | 08:02 WIB

Ilustrasi Ponsel Sedang dicharge.

GridPop.ID - Banyak yang percaya bahwa menggunakan ponsel ketika sedang dicharge dapat menimbulkan bahaya.

Belum lagi ada sebuah berita seorang wanita di NTT meninggal dunia lantaran tersambar petir ketika menggunakan ponsel yang sedang dicharge di dalam rumah.

Dilansir dari Tribun Jakarta, wanita bernama Delfina (24) langsung berlari keluar rumah usai terkena sambaran petir.

Setelah itu ia terjatuh dan meninggal dunia.

Namun benarkah ponsel yang digunakan sembari dicharge berbahaya bagi penggunanya?

Dilansir dari Kompas.com, Dosen Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Toto Sukisno menerangkan bahwa kemungkinan seseorang tersengat listrik dari charger ponsel bisa terjadi jika ada kebocoran arus.

Ada pula yang menyebut jika seseorang minum air sambil menelepon ketika ponsel sedang dicharge bisa pingsan.

Ternyata itu keliru.

"Di samping adanya faktor lain yang juga harus dipertimbangkan, sebenarnya itu dua aktivitas yang secara proses tidak memiliki keterkaitan.

Baca Juga: Edan! Seenak Jidat Rekam Pelanggan di dalam Toilet, Karyawan Restoran di Jember Kena Batunya, Ponsel Sempat Dicek dan Isinya Sungguh di Luar Dugaan

Kecuali kalau terjadi arus bocor yang mengakibatkan anfal dari fungsi anggota tubuh," kata Toto kepada Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

Ia menyarankan agar jangan menggunakan ponsel ketika sedang diisi daya demi kemanan, selain itu juga menghindari bahaya arus listrik yang bocor.