Find Us On Social Media :

Jelang Puasa Ramadhan 2022, Simak Tips Ampuh Atasi Bau Mulut yang Jadi Problem Musiman, Makanan yang Dikonsumsi Termasuk Loh!

By Ekawati Tyas, Jumat, 11 Februari 2022 | 08:22 WIB

Ilustrasi bau mulut

GridPop.ID - Tak terasa sebentar lagi umat Muslim akan menjalani ibadah puasa Ramadhan 2022.

Nah, biasanya ada sejumlah problematika ketika menjalani puasa.

Salah satunya yaitu bau mulut yang kerap terjadi saat berpuasa, lantas bagaimana cara mencegah masalah satu ini?

Dilansir dari Kompas.com, biasanya penyebab bau mulut terjadi lantaran kekurangan asupan cairan selama lebih dari 13 jam.

Alhasil menyebabkan asam yang membuat sisa makanan di dalam mulut menimbulkan bau tak sedap di mulut.

Bukan itu saja, mulut yang beraroma tak sedap bisa terjadi karena pembakaran cadangan lemak di tubuh untuk cadangan sumber energi.

Lemak di dalam tubuh yang dibakar oleh metabolisme tubuh akan membentuk senyawa kimia yang disebut keton dan akan menimbulkan bau menyengat yang tidak sedap.

Adapun penyebab lain adalah gigi berlubang, infeksi nanah, sisa akar gigi, gusi radang, sisa makanan di sela gigi, gigi yang kotor, atau gigi tiruan yang tidak pernah dilepas.

Selain itu, ada pula penyebab bau mulut yang berasal dari luar rongga mulut, misalnya penyakit diabetes mellitus, infeksi paru, liver, gangguan infeksi usus, dan asam lambung tinggi.

Baca Juga: Alami Permasalahan Bau Mulut? Dokter Gigi Beri Penjelasan Soal Kemungkinan Adanya Penyakit Mematikan Ini Pada Tubuh, Jangan Dianggap Sepele!

"Gaya hidup seperti merokok, minum-minuman beralkohol juga akann menyebabkan bau mulut," kata Dokter gigi, Drg. Poul D.H Sitompul dalam LiveStreaming Facebook Kompas.com bekerja sama dengan Rumah Sakit St. Carolus yang bertajuk 'Jaga Kesehatan Mulut dan Tenggorokan di Bulan Puasa', Jumat (16/4/2021).

Adapun cara mencegah bau mulut saat berpuasa, menurut drg Poul yaitu: