Find Us On Social Media :

Perlukah Olahraga Saat Sedang Berpuasa? Dokter Beberkan Tips Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan 2022, Dijamin Gak Bakal Dehidrasi

By Ekawati Tyas, Senin, 14 Februari 2022 | 05:02 WIB

Ilustrasi olahraga ringan.

GridPop.ID - Bulan puasa 2022 yang sebentar lagi datang tak lantas menjadi halangan bagi umat Muslim untuk berolahraga.

Olahraga tetap bisa dilakukan, namun dengan memperhatikan sejumlah tips.

Dilansir dari Tribun Sport, selama berpuasa tubuh akan mudah dehidrasi lantaran tak mendapat asupan cairan yang cukup seperti saat hari biasa.

Namun, ada sejumlah alternatif yang bisa dilakukan agar tetap dapat berolahraga meski tengah berpuasa.

Mulai dari waktu hingga cara berolahraga.

Spesialis kedokteran, dr. A. Andi Kurniawan, Sp. KO menerangkan terkait cara hingga waktu yang efektif dalam berolahraga saat berpuasa.

"Pada saat berpuasa tentu olahraga yang biasanya dikukan sebelum puasa, tetap bisa dilakukan hanya saja intensitasnya dikurangin," kata dr Andi menggelar live Instagram, Senin, (19/4/2021).

Jika seseorang berolahraga kardio, dr. Andi menyarankan agar memilih gerakan dengan intensitas ringan.

Selain itu, batasi durasi olahraga dengan waktu sekitar 30 menit per hari.

Baca Juga: Ibadah Gak Bakal Kacau Karena Maag Kumat! Berikut Ini 5 Tips Bagi Penderita Gangguan Lambung yang Hendak Berpuasa, Salah Satunya Jangan Makan dengan Porsi Segunung

Tubuh akan dehidrasi ketika berpuasa, sehingga kita akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi, terutama jika olahraga dilakukan sebelum buka puasa.

"Misalnya lari kenceng sama lari pelan, jogging, dan jalan cepat itu adalah intensitas atau berat ringannya kita berolahraga," katanya.