Find Us On Social Media :

Setidaknya Bisa Sedikit Bernapas Lega, Ternyata Pencairan JHT Tak Perlu Tunggu 56 Tahun tapi Ini Syaratnya, Kamu Wajib Tahu!

By Arif B, Senin, 14 Februari 2022 | 07:02 WIB

Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan ternyata bisa cair tanpa menunggu usia 56 tahun.

GridPop.ID - Belakangan ini sosok Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sedang menjadi sorotan publik karena telah meneken Permenaker Nomor 2 Tahun 2022.

Bagaimana tidak, ada satu pasal di Permenaker tersebut yang dinilai merugikan buruh dan keluarganya.

Yakni soal pencairan dana Jaminan Hati Tua (JHT) yang baru bisa dilakukan saat peserta berusia 56 tahun.

Pasal tersebut dinilai merugikan para pekerja, terlebih bagi yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebelum usia 56 tahun.

Sebab mereka harus menunggu usia 56 tahun untuk dapat mencairkan dana JHT.

Sejumlah pihak melontarkan kritikan pedas, satu di antaranya dari Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal.

Ia bahkan mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Ida Fauziyah dari posisi Menteri Ketenagakerjaan.

"Kami minta Bapak Presiden Jokowi segera memecat Menteri Ketenagakerjaan, ganti dengan orang yang lebih memahami dunia usaha," ujar Said Iqbal, Sabtu (12/2/2022), dikutip dari Tribunnews.

Namun, kini pekerja bisa sedikit bernapas lega sebab ada pasal yang ternyata memperbolehkan pencairan dana JHT sebelum 56 tahun.

Baca Juga: Nggak Cair Bikin Khawatir, Nasib BSU BPJS Ketenagakerjaan Pemilik Rekening BCA dan Bank Swasta Ada di Tangan Menaker, Ida Fauziyah Bongkar Hal Mengejutkan Ini!

Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Chairul Fadhly Harahap menjelakan, meski JHT bisa cair saat peserta berusia 56 tahun, namun dana pensiun tersebut masih bisa diambil dalam jangka waktu tertentu namun besarannya tidak penuh.

Dalam siaran pers yang dilansir dari website resmi Kemnaker, Fadhly mengatakan bahwa peserta masih bisa mengambil manfaat dari JHT setelah mengikuti program itu minimal 10 tahun.