Find Us On Social Media :

Rasa Lezatnya Tak Sebanding dengan Bahayanya, Daging Asap Bisa Jadi Musuh Mengerikan Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya!

By Ekawati Tyas, Kamis, 10 Maret 2022 | 08:02 WIB

Bahaya mengonsumsi daging asap

GridPop.ID - Siapa sih yang tak suka mengonsumsi daging asap?

Makanan satu ini bisa dibilang menjadi kecintaan sejuta umat.

Tapi, ternyata ada bahaya yang tak main-main di balik lezatnya daging asap.

Dilansir dari Kompas Health, ahli diet Gllian Culbertson menerangkan bahwa asap saat memasak daging mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan amina heterosiklik (HCA) terbentuk saat daging dimasak pada suhu yang sangat tinggi.

Meskipun daging panggang dan goreng juga dapat menyebabkan pembentukan PAH dan HCA, penelitian menunjukkan bahwa proses pengasapan menyebabkan tingkat kontaminasi yang lebih tinggi.

Sebab, asap menciptakan zat-zat berbahaya tersebut dan membawanya ke permukaan daging selama proses pengasapan.

"Senyawa ini dibuat ketika cairan dan lemak menetes dari daging ke sumber panas dan sebagai produk sampingan dari asap," kata Culbertson.

Adapun risiko mengonsumi daging asap yakni bisa meningkatkan risiko jenis kanker tertentu.

National Cancer Institute memperingatkan bahwa baik HCA maupun PAH bersifat mutagenik, yang bisa memicu perubahan DNA.

Baca Juga: Ibu-ibu di Rumah Wajib Tahu! Tolong Mulai Saat Ini Segera Kurangi Makan Roti Tawar Digabung dengan 2 Bahan Ini, Bahaya yang Mengintai Ngeri

"Paparan tinggi senyawa ini dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker saluran usus, terutama kanker usus besar dan perut," kata Culbertson.

Sedangkan sejumlah penelitian terbaru menemukan bahwa daging merah dan olahan, termasuk daging asap dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat.