Find Us On Social Media :

4 Cara Cegah Kulit Kusam Selama Jalani Ibadah Puasa Ramadan

By Nana Triana, Selasa, 29 Maret 2022 | 12:28 WIB

Ilutrasi kulit kering.

GridHot.id – Memiliki kulit dengan tampilan sehat dan glowing merupakan dambaan semua perempuan. Untuk mewujudkannya, berbagai cara pun dilakukan, mulai dari perawatan sederhana di rumah hingga konsultasi dengan berbagai ahli kecantikan. Bahkan, sebagian orang rela menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan. 

Bulan Ramadan yang tinggal sebentar lagi, memberi tantangan tersendiri bagi para perempuan dalam merawat kulit. Pasalnya, timbul risiko kulit kering, dehidrasi, dan terlihat kusam. 

Sebab, selama berpuasa, tubuh akan kekurangan asupan cairan Selain itu, pola tidur juga akan sedikit mengalami perubahan sehingga berdampak pada kesehatan kulit. 

Menurut dokter kulit Janet Prystowsky, MD PhD seperti dilansir dari Good House Keeping. mengatakan, dehidrasi kulit bisa berakibat jangka panjang, seperti timbulnya garis-garis halus, kulit kendur, dan bahkan bersisik.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit wajah supaya terlihat segar dan bercahaya selama puasa Ramadan. Berikut ini tips perawatan wajah saat bulan puasa.

  1. Cukup minum air putih

Selama berpuasa, kamu sebaiknya tetap menjaga kecukupan konsumsi air putih sesuai dengan anjuran. Jumlahnya sekitar dua liter atau delapan gelas per hari.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-10, Lazada Hadirkan Pengalaman Belanja Seru Lewat Lazada Epic 10th Birthday

Meski demikian, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi terlalu banyak air di satu waktu karena bisa menyebabkan kembung. Sebaiknya, kamu meminum dua gelas air putih saat sahur, dua gelas air saat berbuka, dan empat gelas pada malam hari.

  1. Mengonsumsi vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan kulit sebagai antioksidan. Fungsi antioksidan untuk kulit sendiri adalah melindunginya dari berbagai faktor penyebab kerusakan kulit, terutama akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Umumnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, yaitu minyak alami yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Jika jumlahnya seimbang, sebum dapat membantu menjaga kulit dari kondisi kering.

Tidak hanya itu, vitamin E juga dapat memperkuat fungsi imun pada lapisan kulit, membantu pembelahan sel kulit, serta menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E kamu bisa mengonsumsi suplemen tambahan, seperti Blackmores Natural E 250 IU. Kamu cukup mengonsumsi  Blackmores Natural E 250 IU  satu kapsul sehari.