Find Us On Social Media :

TIPS Sehat Ramadan 2022, Berikut Ini 5 Trik Agar Tetap Lancar Menyusui Saat si Ibu Kekeuh Ingin Menjalani Ibadah Puasa, Apa Saja?

By Ekawati Tyas, Minggu, 3 April 2022 | 17:02 WIB

Ilustrasi ibu menyusui

GridPop.ID - Bulan Ramadan 2022 sudah tiba, umat Muslim pun begitu antusias kala menjalankan ibadah puasa.

Tak terkecuali bagi para ibu menyusui yang juga ingin berpuasa.

Sebenarnya, ibu menyusui diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Dilansir dari Banjarmasinpost.co.id, Ustaz Abdul Somad menerangkan bahwa nantinya golongan tersebut bisa membayar utang puasa di lain waktu.

Namun, tak sedikit ibu menyusui yang tetap ingin berpuasa dengan kondisi tersebut.

Tapi apakah ibu menyusui aman jika hendak menjalankan puasa dan adakah tips agar ibadah tetap lancar dengan kondisi tersebut?

Dilansir dari Wartakotalive.com, Dokter Umum Konselor Laktasi RS Pondok Indah Jakarta, dr. Nabila Rahmania IBCLC berujar bahwa persiapan tiap ibu menyusui berbeda tergantung usia bayi dan beragam kondisi lainnya.

Sebagai contoh yakni saat si ibu menyusui bayi kembar dan ibu yang sedang menyusui eksklusif akan memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih besar ketimbang ibu menyusui dengan kondisi si anak sudah dalam masa MPASI.

“Karenanya, sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya ibu menyusui berkonsultasi dengan konselor laktasi atau dokter spesialis anak terlebih dahulu,” ujarnya, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Tips Sehat Selama Ramadan 2022, Berikut Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Puasa, Perhatikan Cara Sikat Gigi yang Tepat hingga Asupan Makanan

Berdasarkan penelitian Khodel et.al, puasa sebenarnya tak menghambat pertumubuhan bayi ASI eksklusif.

Tapi, ia memaparkan sejumlah tips agar ASI ibu menyusui yang ingin berpuasa tak terganggu.