Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Terlambat! Ini Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah, Lengkap dengan Syarat dan Tata Caranya

By Lina Sofia, Selasa, 12 April 2022 | 18:22 WIB

Membayar zakat adalah kewajiban umat Islam yang harus ditunaikan sebelum hari raya Idul Fitri. Kini membayar zakat bisa dilakukan secara online melalui laman Baznas.

GridPop.ID - Saat bulan Ramadhan atau sebelum datangnya Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah ibadah wajib bagi seluruh umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, tua maupun muda.

Membayar zakat fitrah menjadi satu rukun islam yang ke-4 dan hukumnya wajib bagi yang mampu.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk membayat zakat fitrah?

Dikutip Tribun Ramadan dari tayangan Tanya Ustaz Tribunnews.com, Ustaz dari Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Jawa Tengah, Wahid Ahmadi, menyatakan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah adalah pada saat waktu subuh Idul Fitri.

"Waktu yang paling bagus itu ya waktu Subuh Idul Fitri, sebelum sholat Idul Fitri dimulai," jelas Ustaz Wahid Ahmadi.

Tetapi, ia juga menyampaikan, pembayaran zakat fitrah ini boleh dilakukan pada saat malamnya, atau sebelumnya, dan yang jelas sudah masuk bulan Ramadhan.

Para ulama menjelaskan bahwa waktu paling baik membayar zakat fitrah adalah saat mendekati Idul Fitri, karena zakat ini memang diperuntukkan bagi orang miskin, atau memberi makan orang yang membutuhkan, serta memberikan rasa kebahagiaan pada saat Idul Fitri.

Zakat sendiri menjadi salah satu ibadah yang dapat mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Sampai Jamberapa Waktu Sholat Tarawih Sendirian? Berikut Penjelasan Serta Tata Cara Lengkapnya

Berzakat juga dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang lain yang kurang mampu, untuk berbagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya.

Terdapat beberapa syarat menjadi Muzaki atau orang yang menunaikan zakat, sebagai berikut: