Find Us On Social Media :

Pantas Jadi Menu Ramadan Favorit di Aceh, Bubur Kanji Rumbi Diracik dengan Segudang Rempah hingga Miliki Cita Rasa yang Luar Biasa Enak

By Andriana Oky, Kamis, 14 April 2022 | 03:32 WIB

Pembuatan bubur kanji rumbi di Masjid Agung Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (9/6/2016)

GridPop.ID - Bubur kanji rambi merupakan salah satu menu Ramadan khas Aceh yang hanya muncul selama bulan suci Ramadan.

Menjadi kuliner Ramadan dari Aceh, bubur kanji rumbi memiliki cita rasa yang berbeda dengan bubur pada umumnya.

Melansir Tribun Ramadan, bubur kanji rumbi diracik dengan berbabagi rempah-rempah.

Hal tersebut membuat bubur kanji rumbi ini menjadi salah satu menu Ramadan yang difavoritkan masyrakat Aceh waktu berbuka puasa.

Seorang peracik bubur kanji rumbi, Abdul Aziz Ibrahim berbagi cerita mengenai proses pembuatan bubur kanji rumbi ini.

Ia menerangkan bahan utama pada saat proses pembuatan kanji tersebut antara lain beras dengan kualitas terbaik, bumbu dari rempah-rempah pilihan, lada murni, santan, air, sementara untuk menu tambahan pelezat lainnya dikasih udang, tulang-tulang daging sapi, lalu daging ayam yang disuir.

Sedangkan bumbu yang digunakan berupa bawang merah, bawang putih jahe, serai, garam, daun sop, bawang prei, merica, dan buah pala, minyak goreng, kulit kayu manis, bunga lawang india, ketumbar, dan jintan manis, lalu juga diberikan cengkeh, dan buah kapulaga.

“Semuanya diracik secara khusus dan memiliki takarannya sendiri, tidak boleh terlalu banyak, dan juga tidak boleh kurang,” katanya seperti yang dikutip dari Serambinews.com.

Aziz menceritakan menjelang bulan suci Ramadan, ia mendapat pekerjaan menjadi juru masik kanji rumbi di Islamic Center.

Baca Juga: BEJAT! 2 Pria Paruh Baya Perkosa Anak Yatim hingga Hamil 8 Bulan, Terkuak Cara Licik Para Pelaku saat Bujuk Korban Jadi Pemuas Nafsu