Find Us On Social Media :

Sikat Gigi Teratur Saja Tak Cukup! Simak Tips Sederhana Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi Saat Berpuasa Menurut Anjuran Dokter

By Lina Sofia, Kamis, 14 April 2022 | 08:33 WIB

Tips cara menjaga kesehatan mulut dan gigi saat berpuasa.

GridPop.ID - Ibadah puasa Ramadhan 2022 kini tengah dilaksanakan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Tentu sudah bukan rahasia lagi jika ibadah puasa membawa dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Namun disisi lain, penyakit mulut dan gigi terkadang melanda setiap individu yang sedang menjalani ibadah puasa pada bulan ramadan. 

Guna menghindari penyakit yang kerap dirasakan seseorang saat ibadah puasa, berikut tips menjaga kesehatan mulut dan gigi dari drg Asih dilansir dari Wartakotalive.com.

Minum Air Minimal 8 Gelas Sehari Sebelum Berpuasa

Langkah pertama agar terhindar dari bau mulut yang tak sedap yakni berupa minum minimal 8 gelas sehari. 

"Kalau untuk tips menjaga kesehatan mulut saat berpuasa itu yang pertama adalah cukup minum itu yang paling utama. Intinya semasa kita tidak sedang berpuasa itu minimal minum 8 gelas sehari," kata Asih saat ditemui di lokasi praktiknya kawasan Sawangan, Kota Depok, Selasa (12/4/2022).

Asih menjelaskan, langkah itu diperlukan guna menghindari kekeringan yang luar biasa terjadi saat seseorang menjalankan ibadah puasa

Sebab, saat berpuasa asupan cairan yang diterima tubuh akan semakin berkurang hingga berdampak terhadap kekeringan mulut

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia, Ada yang Hampir 22 jam dan Sahur Cuma 2 Jam!

"Kenapa meski cukup minum, karena kalau kita kurang minum mulut itu akan kering, pada saat mulut kita kering itulah yang bikin bau mulut jadinya," ungkapnya. 

Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat